43 Desa di Brebes Miskin Ekstrem, Ini Daftar Desa yang Bakal Ditangani

Ekonomi
Potret rumah warga yang nyaris roboh di Desa Dukuhturi Kecamatan Ketanggungan, Brebes. (foto: Mahesa Bagaskara)

BREBES, gugah.id – Kemiskinan di Kabupaten Brebes meningkat sejak pandemi Covid-19. Bahkan Kabupaten Brebes menyandang predikat Kabupaten Miskin Ekstrem di Jawa Tengah. Tercatat di tahun 2020 ini ada 43 desa di Kabupaten Brebes yang masuk kategori miskin ekstrem. Sementara data tahun 2018 ada 34 desa dan tahun 2019 tercatat ada 34 desa miskin ekstrem di Brebes.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Brebes, Edy Kusmartono mengatakan, ada lima kabupaten di Jawa Tengah masuk kategori miskin ekstrem dan menjadi intervensi pemerintah pusat. Lima kabupaten tersebut adalah Brebes, Pemalang, Banjarnegara, Banyumas, dan Kebumen.

“Tahun ini kita intervensi 43 desa miskin eksterm. Tahun 2019 ada 16,22 persen dan tahun 2020 naik menjadi 17,02, yang artinya setara 308.000 jiwa warga Brebes miskin. Kita memang memiliki penduduk miskin yang sangat banyak, tapi kita ada di level ketiga terbawah di Provinsi Jawa Tengah,” kata Edy, Kamis (30/9/2021) lalu.

Saat ini Pemkab Brebes tengah memetakan dan mengidentifikasi desa dengan kemiskinan ekstrem. Kemiskinan ekstrem menurutnya adalah orang yang pendapatannya di bawah Rp345 ribu per bulan atau Rp11.500 per hari selama lima tahun berturut-turut. Di Brebes sendiri ada 187 ribu penduduk yang memiliki penghasilan di bawah Rp345 ribu.
“Itu yang sedang kita petakan supaya kita bisa membantu menguntervensi mereka,” katanya.

Saat ini pihaknya tengah memetakan desa-desa yang masuk kategori miskin ekstrem. Pemetaan dilakukan di lima kecamatan dengan masing-masing kecamatan lima desa intervensi. Intervensi dilakukan dengan indikator dari banyaknya warga miskin yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Indeks Desa Membangun (IDM).

“Dari pemetaan itu kita menemukan ada lima kecamatan yaitu Larangan, Losari, Bulakamba, Bantarkawung, dan Ketanggungan. Kemudian dari lima kecamatan itu kita ajukan masing-masing lima desa untuk menjadi pilot project. Jadi dalam penanganan kemiskinan ekstrem ini ada 25 desa yang kita sasar beberapa program,” ungkap Edy.

Sumber: Baperlitbangda Brebes

Berikut Daftar Desa Miskin Ekstrem yang Bakal Jadi Intervensi:

  • Kecamatan Larangan: Slatri, Pamulihan, Wlahar, Kamal, dan Rengaspendawa
  • Kecamatan Bantarkawung: Waru, Pangebatan, Pengarasan, Cinanas, dan Bangbayang
  • Kecamatan Ketanggungan: Buara, Dukuhturi, Ketanggungan, Karangmalang, dan Bulakelor
  • Kecamatan Losari: Prapag Kidul, Negla, Limbangan, Karangdempel, dan Jatisawit
  • Kecamatan Bulakamba: Kluwut, Cipelem, Pakijangan, Luwungragi, dan Rancawuluh
Sumber: Baperlitbangda Brebes

(mah)

Leave a Reply