Akhmad Soleh: Bantuan Hukum untuk Warga Miskin Sangat Penting

Umum
Ketua Advokasi industrial hukum dan HAM B2P3 Kabupaten Brebes, Akhmad Soleh SH.

BREBES, gugah.id – Kebutuhan akan bantuan hukum menjadi sesuatu hal penting dan perlu segera untuk dipenuhi. Terutama bagi masyarakat Kabupaten Brebes yang tertindas, miskin dan buta hukum.

Pernyataan itu diungkapkan Ketua Advokasi Industrial, Hukum dan Hak Azasi Manusia, Pengurus Cabang Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Kabupaten Brebes, Akhmad Soleh SH, saat ditemui di Kedai Kopi N’des Kot di Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Brebes.

“Kami berencana melakukan upaya strategis dalam perluasan bantuan hukum perburuhan. Salah satunya dengan melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan paralegal yang rencananya akan digelar pada tanggal 25 September 2021, ” ungkapnya, Sabtu (4/9/2021).

Pelatihan Paralegal yang rencananya akan digelar di Hotel Grand Dian Brebes itu, menurutnya bertujuan untuk membekali setiap anggota Pemuda Pancasila yang berprofesi buruh dan pekerja dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan hukum perburuhan.

“Nantinya, mereka mampu secara aktif dan mandiri menjadi seorang paralegal dan bisa membantu permasalahan perburuhan. Sehingga di masing-masing kecamatan terbentuk pos-pos bantuan hukum untuk buruh,” jelasnya.

Soleh berharap, pelatihan paralegal tersebut dapat memberikan bantuan hukum kepada buruh dan masyarakat yang butuh bantuan hukum.

“Hal ini senada dengan amanah UU Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, di mana seorang paralegal yang telah mendapat pelatihan hukum dan bernaung dalam suatu Organisasi Bantuan Hukum (OBH) berhak untuk memberikan bantuan hukum,” tegasnya.

Soleh menuturkan, bantuan hukum perburuhan di Kabupaten Brebes dinilai sangat penting, karena sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai buruh.

“Kebutuhan bantuan hukum perburuhan bagi masyarakat di Brebes ini sangat penting, makanya kita akan hadir ditengah-tengah mereka,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Soleh mengajak masyarakat Brebes untuk sadar hukum. Pihaknya juga akan hadir memberikan bantuan hukum, khususnya bagi masyarakat miskin yang awam hukum serta memerlukan pendampingan hukum. (gust)

Leave a Reply