Antisipasi Kerawanan, Bawaslu Brebes Ingatkan Potensi Kerawanan dalam Penyusunan TPS

Politik
(dok.istmw) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes menggelar Rapat Kerja terkait penyusunan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024.

BREBES, gugah.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Brebes menggelar Rapat Kerja terkait penyusunan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024. Jum’at (13/01/20223). Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Dedy Jaya Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Anggota Bawaslu Kabupaten Brebes, Rudi Raharjo mengingatkan potensi kerawanan dalam Penyusunan TPS, yang sedang dilakukan oleh KPU Brebes dan Jajaran dalam Rapat Kerja Penyusunan TPS Pemilu serentak 2024.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses Penyusunan TPS, karena ada potensi kerawanan yang harus di cegah diantaranya adalah TPS yang tidak menggabungkan kelurahan/desa, faktor kemudahan Pemilih ke TPS, tidak memisahkan dalam 1 (satu) keluarga pada TPS yang berbeda, aspek geografis setempat, dan jarak dan waktu tempuh menuju TPS dengan memperhatikan tenggang waktu pemungutan suara.” Ungkapnya.

Selain itu, Rudi menghimbau agar dalam penyusunan TPS harus sesuai dengan peraturan dan mekanisme yang berlaku, selain KPU Kabupaten Brebes juga dihimbau untuk melibatkan jajaran dibawahnya serta dapat bersinergi dengan stake holder lain agar berjalan optimal.

“Kami menghimbau agar KPU Brebes dan jajaran dalam menyusun TPS memperhatikan PKPU 7/2022 diantaranya pasal 15 ayat (3) sehingga kedepan tidak terjadi hal-hal yg tidak sesuai dengan ketentuan tersebut. KPU Brebes dalam hal ini juga agar melibatkan secara aktif jajaran dibawahnya, karena jajaran di kecamatan dan di desa yang lebih tau kondisi lapangan, kondisi geografis, untuk kemudahaan akses bagi pemilih. KPU Brebes juga dapat mengoptimalkan kerja dengan sinergi, kolaborasi dengan stakeholder, dan Optimalkan sosialisasi.” Ujarnya.

Lebih lanjut, Rudi juga mengingatkan dalam hal kebutuhan TPS khusus, KPU Kabupaten Brebes agar memperhatikan potensi lokasi yang memang perlu dibentuk TPS khusus sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 7 tahun 2022.

“Selanjutnya dalam pemetaan TPS KPU Brebes perlu memperhatikan potensi kebutuhan TPS di lokasi khusus, sebagaimana di atur di PKPU 7/2022 pasal 179. Ada beberapa potensi lokasi khusus diantaranya adalah Lembaga Pemasyarakatan, Panti Sosial, Pondok Pesantren, Kawasan Industri, Kawasan Perkebunan, Rumah Sakit termasuk Puskesmas yang rawat inap dan lokasi bencana / Pengungsian.” Pungkasnya. (sof)

Leave a Reply