Baru Sebulan, 20 Sepeda Motor di Lima Kecamatan di Brebes Digondol Maling

Peristiwa
Sekolah yang menjadi salah satu TKP Curanmor di Kabupaten Brebes. (foto: Sokhibul Fadilah)

BREBES, gugah.id – Sepanjang bulan Januari tahun 2022, aksi pencurian sepeda motor (Curanmor) menjadi perbincangan hangat di Kabupaten Brebes. Sepanjang bulan ini, sedikitnya tercatat ada 20 sepeda motor di Kabupaten Brebes hilang digondol maling.

Lokasi Curanmor terjadi di lima kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Larangan, Ketanggungan, Kersana, Bulakamba, dan Kecamatan Wanasari.

Geger Curanmor berawal dari kejadian di Desa Pamulihan Kecamatan Larangan pada pertengahan bulan Januari. Di tempat itu, maling berhasil menggasak lima sepeda motor sekaligus dalam semalam.

Kemudian, disusul aksi Curanmor yang terjadi di Kecamatan Ketanggungan. Selanjutnya, aksi serupa juga terjadi di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba. Di desa ini, pencuri menggondol dua sepeda motor sekaligus.

Aksi Curanmor terakhir yang tercatat dalam pantauan gugah.id hingga Minggu malam (30/1/2022), adalah di sekolah swasta di Kecamatan Wanasari. Di lokasi ini, satu unit sepeda motor milik seorang guru berhasil digondol maling menjelang waktu salat Jumat (28/1/2022).

Dari semua aksi Curanmor itu, rata-rata aksi kawanan pencuri ini terekam CCTV atau kamera pengintai. Namun, diperkirakan banyak aksi Curanmor yang tidak tercatat.

Kepala SMK Muhammadiyah Wanasari, Fatchur mengatakan, Curanmor yang terjadi di sekolahnya dilakukan oleh dua orang yang mengendarai sepeda motor. Satu orang bertugas untuk mengawasi, dan satu orang lainnya bertugas membawa kabur sepeda motor.

Sepeda motor yang hilang adalah milik seorang guru bernama Azmi Nur Waqiah. Aksi Curanmor terjadi saat sekolah sepi karena beberapa guru sudah pulang.

“Sekitar pukul 12.30 saya mendapat telepon dari korban bahwa motornya telah hilang. Lalu saya dari rumah langsung ke lokasi dan mengecek CCTV,” katanya, kemarin.

Sebelumnya, dalam sehari, tiga unit sepeda motor milik warga Kabupaten Brebes dilaporkan hilang. Kehilangan sepeda motor ini dialami warga Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba dan Desa Jagapura Kecamatan Kersana. Kasus pencurian sepeda motor di Kabupaten Brebes akhir-akhir ini marak terjadi.

Kanit Reskrim Polsek Bulakamba, Aiptu Kusnanto saat dikonfirmasi membenarkan bahwa dua kendaraan sepeda motor dilaporkan hilang di Desa Kluwut. Warga atas nama Komar melaporkan kepada Polsek Bulakamba terkait tindak pidana pencurian sepeda motor yang terjadi pada Rabu (26/1/2022).

“Betul kemarin ada warga yang laporan ke Polsek Bulakamba terkait curanmor yang terjadi di Desa Kluwut atas nama Pak Komar dan Mbak Atun,” kata Kusnanto saat dikonfirmasi, Kamis (27/1/2022).

Kejadian curanmor di Desa Kluwut ini diketahui setelah pemilik sepeda motor selesai salat Subuh. Saat itu, pemilik melihat gerbang rumahnya terbuka dan dua kendaraan sepeda motor milik Komar dan Atun yang merupakan suami isteri ini raib digasak maling.

Sementara itu, Kapolsek Kersana Iptu Suratman mengatakan, sepeda motor yang dilaporkan hilang di Desa Jagapura terjadi di depan sebuah dealer sepeda motor. Sepeda motor itu diketahui milik salah seorang karyawan di dealer sepeda motor tersebut.

“Yang hilang itu sepeda motor metik dengan nomor polisi G 5539 BKG. Motor hilang di depan Dealer Nagamas Motor Kersana,” kata Suratman.

Suratman menuturkan, diduga sepeda motor yang hilang di depan dealer tersebut lantaran dicuri seseorang yang kemungkinan menggunakan jasa servis di dealer tersebut.

Aksi pencurian ini tidak terekam CCTV atau kamera pengintai. Saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan kasus curanmor tersebut.

“Tidak ada CCTV di dealer itu. Padahal itu perusahaan besar yang seharusnya dipasangi CCTV. Tapi kami saat ini masih melakukan penyelidikan,” tandasnya.

(Tim Gugah ID)


Leave a Reply