BBWS: 93 Titik Tanggul di Brebes Rawan Jebol

Peristiwa
Kondisi sungai Kabuyutan yang berada di Kecamatan Tanjung. (foto: Istimewa)

BREBES, gugah.id – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung menyebutkan ada 93 titik tanggul di Kabupaten Brebes yang kondisinya rawan jebol saat memasuki musim penghujan. Puluhan titik tersebut tersebar di wilayah kerja BBWS Cimancis yang ada di beberapa kecamatan di wilayah Brebes Barat.

Kepala BBWS Cimanuk-Cisanggarung Ismail Widadi mengatakan, dari pemetaan yang dilakukan oleh tim BBWS Cimancis untuk di wilayah Kabuapten Brebes ada 93 titik yang rawan jebol. Sekitar 25 titik di antaranya kini sudah diperbaiki.

“Dari 93 titik yang rawan itu sudah kita percepat penangannya 25 titik. Jadi, ada 68 titik yang perlu kita waspadai,” ujarnya usai berkordinasi dengan Pemkab Brebes di Pendopo, Jumat (12/11/2021).

Ismail menyebutkan, koordinasi yang dilakukan oleh Pemkab Brebes ini merupakan instruksi dari pemerintah pusat, untuk siaga saat memasuki musim hujan. Antusipasi ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dia menuturkan, 93 titik tanggul yang dianggap rawan tersebut tersebar dibeberapa sungai yang ada di wilayah BBWS Cimancis di Kabupaten Brebes. Di antaranya, di sungai Cisanggarung Kecamatan Losari, sungai Kabuyutan Kecamatan Tanjung, sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan dan sungai Kluwut di Kecamatan Bulakamba.

“Dengan koordinasi ini, kita mengajak pemerintah baik itu dari kecamatan dan desa yang dekat dengan titik-titik itu untuk selalu waspada. Artinya, jika sewaktu-waktu ada debit air yang tinggi mereka sudah waspada dan bisa mengantisipasinya,” tuturnya.

Dalam pemaparannya, Bupati Brebes Idza Priyanti menyambut baik adanya koordinasi antara BBWS Cimancis dengan Pemkab Brebes. Dirinya berharap, puluhan titik yang rawan yang belum diperbaiki diharapkan bisa segera ditangani. Sehingga, masyarakat di Kabupaten Brebes merasa aman.

“Kita harapkan 68 titik yang rawan bisa dipercepat penangannnya. Sehingga, tidak ada lagi titik yang rawan saat musim penghujan,” tutupnya. (mah)

Leave a Reply