Belasan Kapal Ikan di Kota Tegal Terbakar, Petugas Masih Lakukan Pemadaman

Peristiwa
Sejumlah kapal ikan di Kota Tegal terbakar hebat. (foto: Hardiyanto)

KOTA TEGAL, gugah.id – Belasan kapal ikan di Kota Tegal terbakar hebat. Kebakaran kapal terjadi di kawasan kolam galangan kapal PT Tegal Shipyard Utama Kota Tegal, Jawa Tengah, Rabu dini hari (17/11/2021). Galangan kapal ini berada di Jalan Bali Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur.

Petugas kesulitan menjinakkan si jago merah karena akses sempit. Serta kapal yang saling berhimpitan mengakibatkan api cepat menjalar.

Sedikitnya ada 15 kapal ikan berukuran di atas 30 gross tonase (GT) ludes dilalap si jago merah. Ditambah tiupan angin serta kontruksi kapal yang terbuat dari bahan mudah terbakar seperti kayu dan fiber, mengakibatkan kobaran api cepat membesar.

Sejumlah kapal ikan di Kota Tegal terbakar hebat. (foto: Hardiyanto)

Warga sekitar yang juga tokoh nelayan, Tambari menuturkan, peristiwa kebakaran ini pertama diketahui oleh warga, sekitar pukul 02.00 dini hari. Hingga kini, belum diketahui sumber api yang menyebabkan kebakaran ini. Letak kapal yang saling berhimpitan menyebabkan api mudah menjalar ke kapal lainnya.

“Petugas kesulitan melakukan upaya pemadaman karena lokasi sempit serta di setiap kapal masih tersimpan BBM. Kapal yang terbakar ini merupakan kapal yang tengah menunggu perbaikan serta antre pengisian BBM,” katanya, Rabu pagi.

Sejumlah warga menonton belasan kapal yang terbakar di Kota Tegal. (foto: Hardiyanto)

Sebelas unit mobil pemadam kebakaran (damkar) gabungan dari Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal dikerahkan dalam penanganan ini, namun api belum bisa dipadamkan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini Akibat kebakaran ini, kerugian materi ditaksir milyaran rupiah. (ardi)

Leave a Reply