Belasan Kapal Nelayan di Pelabuhan Tegal Kembali Terbakar

Umum

KOTA TEGAL, gugah.id – Sejumlah kapal nelayan yang tengah bersandar di Pelabuhan PT Pelindo III Kota Tegal kembali terbakar, Sabtu pagi (29/1/2022). Kebakaran kapal kali ini bermula dari salah satu kapal terbakar sekitar pukul 04.30 dini hari. Banyaknya kapal yang bersandar membuat api cepat merembet ke kapal lainnya yang berdekatan.

Dari data sementara, sedikitnya ada belasan kapal yang terbakar dalam peristiwa kali ini. Saat ini puluhan personel pemadam kebakaran dibantu polisi masih berusaha memadamkan api. Armada mobil kebakaran dari beberapa daerah diterjunkan dalam upaya pemadaman ini.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya kebakaran kapal sekitar pukul 04.30. Kebakaran diduga terjadi akibat salah satu kapal yang mengalami konsleting listrik, hingga menyambar belasan kapal yang sedang bersandar. Kebakaran kali merupakan kebakaran kedua setelah pada November 2021, 14 kapal juga ludes terbakar.

Baca Juga:
Lima Jam Belum Padam, 11 Mobil Damkar Jinakkan Api Yang Bakar 15 Kapal Di Kota Tegal
Belasan Kapal Ikan Di Kota Tegal Terbakar, Petugas Masih Lakukan Pemadaman

“Data sementara ada 13 kapal nelayan yang terbakar. Kontruksi kapal yang terbuat dari bahan mudah terbakar seperti kayu dan fiber mengakibatkan kobaran api cepat membesar,” kata Kapolres.

Petugas kesulitan melakukan upaya pemadaman karena lokasi sempit serta di setiap kapal masih tersimpan BBM. Sebelas unit mobil damkar gabungan dari Kabupaten Brebes Kabupaten Tegal dan Kota Tegal dikerahkan dalam penanganan ini. Petugas Damkar, polisi dan petugas Pangkalan TNI Tegal masih berupaya melokalisir kebakaran agan tidak merambat ke kapal lainnya.

Lihat Juga:
15 Kapal Di Kota Tegal Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Miliar
Polisi Masih Selidiki Belasan Kapal Terbakar Di Kota Tegal

“Puluhan mobil pemadaman kebakaran masih mondar mandir keluar masuk pelabuhan. Tidak hanya dari Kota Tegal, pemadam kebakaran dari Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, dan Pemalang dikerahkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Akibat kebakaran ini, kerugian materi ditaksir miliaran rupiah,” tandasnya.

Hardiyanto

Leave a Reply