Bencana Tanah Gerak, Ratusan Rumah Alami Kerusakan

Peristiwa
(Dok.istmw) terlihat kondisi rumah alami rusak berat dan rata dengan tanah akibat bencana tanah gerak pada bulan lalu.

BREBES, Gugah.id – Akibat bencana tanah bergerak ratusan rumah mengalami kerusakan. Kejadian itu berada di wilayah Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) sebanyak 175 rumah mengalami kerusakan dari Januari hingga Februari 2021. “Jumlah rumah paling banyak yang terdampak ada di Kaligiri dan Sridadi,” kata Koordinator Satgas PB BPBD Brebes Budi Sujatmiko, Selasa (2/3/2021).

Rumah yang rusak tersebar di empat desa yakni Desa Sridadi ada 80 rumah, Desa Plompong 30 rumah, Desa Manggis 28 rumah dan Desa Kaligiri ada 37 rumah. Dari jumlah tersebut, hampir separuhnya terpaksa dibongkar.

Budi menjelaskan, di Desa Sridadi ada 3 dusun yang rumahnya rusak di antaranya di Dusun Kampung Baru, Pengasinan, dan Karanggondang. “Tanah gerak di sana disebabkan karena kondisi tanah yang labil di sekitar Sungai Kalikeruh,” Jelasnya.

Adapun untuk Desa Sridadi, kata Budi, memang menjadi daerah langganan bencana tanah bergerak. Pada 2008 warga Sridadi pernah direlokasi karena bencana yang sama akibat kondisi lahan yang kritis. Sedangkan untuk Desa Manggis seluruhnya terpaksa mengungsi ke tempat saudara terdekat. “Mereka mengungsi karena rumahnya berat,” Pungkasnya.

Leave a Reply