Broker Merajalela, Belasan Kades Mengadu ke Bupati

Ekonomi
Broker merajalela kades wadul ke bupati brebes

Brebes – Broker Merajalela belasan Kepala Desa yang tergabung dalam Paguyuban Kades KIB mengadu ke Bupati. Senin (21/9). Hal ini karena merasa terganggu dengan ulah Broker atau Calo Tanah yang terang terangan merayu warga untuk memainkan harga tanah di area Kawasan Industri Brebes (KIB), sehingga banyak warga yang resah akibat ulah para broker tanah tersebut. “Kami sengaja wadul pada Ibu, agar para calo tanah ditertibkan,” tutur Kades Grinting Hartono.

Selain mengadukan banyaknya calo yang berseliweran di wilayahnya, para kades juga meminta kejelasan tentang pembangunan KIB. Hal tersebut mereka tanyakan lantaran ada kegalauan rumor KIB digeser ke Batang.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH merasa senang dengan terbentuknya Paguyuban Kades Kawasan Industri Brebes, ini membuktikan bahwa para kades serius dalam mendukung terwujudnya KIB.

Idza memberi solusi, berupa sosialisasi dengan warga desanya masing-masing guna menjelaskan agar jangan tergiur bujuk rayu calo.

Menurut Idza, pembebasan lahan yang akan di gunakan untuk Kawasan Industri nantinya akan melalui pihak resmi yang ditunjuk Pemerintah Pusat yang sesuai dengan peraturan. Serta harga tanah yang akan di gunakan untuk KIB nantinya adalah harga yang ditetapkan oleh Tim Apresel sehingga tidak bisa ada tawar menawar. “Tapi yang jelas, pemilik tanah untug karena harga akan disesuaikan dengan harga pasaran tanah di tempat tersebut,” Ujar Idza.

Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes Edy Kusmartono juga menegaskan. “Kawasan Industri Brebes (KIB) akan tetap dibangun karena KIB sudah jadi Keputusan Presiden sehingga tinggal ikuti saja tahapannya. Karena semua itu harus melalui tahap demi tahap.” Kata Edy. (*)

Leave a Reply