Bupati Brebes Berikan Hadiah Pemenang Lomba Video Domba Sakub

Pertanian
(Dok.istmw) Bupati dan wakil bupati brebes berikan hadiah kepada pemenang lomba video domba sakub.

BREBES, gugah.id – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) telah menggelar Lomba Video Domba Sakub. Bupati Brebes, Idza Priyanti menyerahkan hadiah pada Apel Siaga Juru Sembelih Halal (Juleha) bersamaan dengan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Potong Unggas (RPU) di Desa Limbangan Wetan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Jum’at (8/7/2022).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, melalui lomba video domba sakub salah satunya ikut serta dalam mendokumentasikan kegiatan peternakan. Kegiatan dokumentasi tersebut diunggah di sosial media YouTube DPKH Kabupaten Brebes. Sehingga dapat mempromosikan dan mengembangkan potensi domba sakub.

“Saya ucapkan selamat dan sukses Semoga dapat memacu semangat serta kreatifitas agar masyarakat khusus peternak dapat lebih maksimal dalam pengembangan potensi peternakan di kabupaten Brebes,” Kata Bupati Brebes.

Koordinator pelaksana lomba, Dayulingalana (36) mengatakan, adanya lomba video ini tujuannya mempromosikan ternak lokal salah satunya Domba Sakub. Domba yang berkembang di Desa Pandansari kecamatan Paguyangan dan Wanareja Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes merupakan domba yang menghasilkan daging dengan bobot badan jantan mencapai 70-90 kilogram dan betina 40-60 kilogram.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini terkendala dengan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sehingga tidak bisa mengumpulkan ternak Domba. Akhirnya diganti dengan mengadakan Lomba Video Domba Sakub 2022, Salah satunya untuk mencegah penyebaran PMK,” Ungkapannya.

Dayu menambahkan, lomba video yang bertema serba-serbi Domba Sakub diikuti 10 finalis karya terbaik hasil keputusan dewan juri. Karya 10 finalis lomba akan ditayangkan di Youtube DPKH Kabupaten Brebes untuk merebutkan Juara I, II, III dan Video Favorit.

“Kriteria penilaiannya antara lain, Kesesuaian isi video dengan tema dan penyampaian informasi yang mudah diterima, Kualitas sinematografi, musik dan suara, alur cerita yang jelas.
Orisinalitas Video, isi konten/ keterbaruan.
dan Juara favorit ditentukan dengan jumlah like terbanyak di Youtube DPKH Kabupaten Brebes,” Ujarnya.

Berikut 10 Karya Terbaik Lomba Video Lomba Sakub.

  1. Saya Bangga Beternak Domba Sakub
  2. Pemuda Milenial Berternak Domba Sakub
  3. Domba Sakub Pejantan Monster
  4. Domba Sakub Betina Anak Tiga
  5. Penghidupanku Ternak Domba Sakub
  6. Potensi Domba Sakub
  7. Domba Sakub Kebanggan Pandansari
  8. Sejarah Pengembangan Domba Sakub
  9. Profil Domba Sakub
  10. Sakubku, Dombaku

Kegiatan ini, telah dilaksanakan secara bertahap dari awal penyelenggaraan sampai dengan hari ini kurang lebih hampir dua bulan. Mulai dari seleksi sampai pengumuman yang dinilai oleh dewan juri.

Setelah melalui penilaian yang ketat, pemenang Lomba Video Domba Sakub 2022. Juara I dengan judul video “Penghidupanku Ternak Domba Sakub” mendapatkan total nilai 290. Juara II dengan judul video “Sakubku, Dombaku” mendapatkan total nilain 260. Juara III dengan judul Video “Potensi Domba Sakub” mendapatkan total nilai 255. Sedangkan juara favorit dengan judul video “Pemuda Milenial Mulai Tertarik Beternak Domba Sakub” mendapatkan like sebanyak 1,2 ribu dan sudah dilihat 1,7 ribu penonton.

Sementara itu, Dayu berharap dengan adanya lomba video domba sakub ikut memajukan ekonomi untuk membantu masyarakat meningkatkan kehidupan yang lebih baik. Selain itu, DPKH Brebes akan mengusulkan ke kementerian pertanian melalui bidang produksi dan budidaya untuk ditetapkannya domba sakub sebagai sumber daya genetik hewan lokal asli Kabupaten Brebes.

“Seperti yang sudah dilakukan pada sapi jabres salah satu sumber daya genetik ternak lokal khas Brebes, selain punya sapi jabres nantinya Brebes juga akan memiliki domba Sakub yang sudah resmi,” Tutupnya.

Leave a Reply