Bupati Idza Akhirnya Tengok Korban Banjir Rob, Tawarkan Solusi Ini

Peristiwa
Bupati Brebes Idza Priyanti saat meninjau korban banjir rob di Desa Randusanga Kulon. Ia juga memberi bantuan beras dan mie isntan. (foto: Istimewa)

BREBES, gugah.id – Bupati Brebes Idza Priyanti bersama instansi terkait akhirnya meninjau bencana banjir rob yang terjadi di Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes, Kamis (2/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati Idza menyerahkan secara simbolis bantuan beras sebanyak 600 paket beras masing-masing seberat 5 kilogram, serta sejumlah dus mie instan. Bantuan ini diberikan kepada korban banjir rob.

Bupati Idza berharap, semua korban banjir rob selalu diberikan kesehatan dan tetap semangat, untuk membangun Kabupaten Brebes, terutama untuk Desa Randusanga Kulon. Selain dari pemerintah, bantuan untuk korban banjir ini juga berasal dari organisasi masyarakat dan semua pihak yang telah membantu masyarakat desa sala kulon.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada semuanya yang telah memperhatikan warga akibat banjir rob ini,” kata Idza, Kamis (2/12/2021).

BACA JUGA: Rob Terparah Terjang Pesisir Brebes, Warga Tuding Pejabat Cuma Tidur

TONTON JUGA: Kondisi Banjir Rob Di Pesisir Brebes, Belum Ada Bantuan Pemerintah

Menurut Idza, banjir rob saat ini sangat parah. Pemerintah pusat sudah memperingatkan kepada para kepala daerah, utamaya daerah pesisir pantai utara Jawa ini akan terjadi iklim La Nina.

Menurutnya, La Nina ini yang menyebabkan banjir rob. Pihaknya berharap kepada warga Randusanga Kulon, agar selalu waspada terjadinya banjir saat ini.

Idza menuturkan, Pemkab Brebes sudah menyiapkan Rumah Susun Tanpa Sewa (Rusunawa) dengan jumlah 46 unit rumah yang disediakan.

Ia pun meminta kepada warga yang sudah terdata terdampak banjir rob, terutama yang ada di tanah bantaran sungai Sigeleng untuk segera pindah dan menempati Rusunawa.

“Karena aturannya tanah bantaran sungai tidak boleh ditempati. Maka dari itu, pemerintah Kabupaten Brebes memberikan waktu pada masyarakat yang terdampak untuk segera pindah ke Rusunawa. Karena bantaran sungai Sigeleng akan segera dibersihkan untuk dilakukan normalisasi,” ungkap Idza.

Idza menuturkan, pihaknya melalui dinas terkait akan mengusulkan agar segera dilakukan pembangunan tanggul penahan rob. Utamanya di Kecamatan Brebes agar segera direalisasikan oleh pemerintah pusat.

Pemerintah pusat sendiri berencana akan membangun tanggul penahan rob di pesisir Brebes dengan anggaran Rp. 500 miliar.

Kepala Desa Randusangan Kulon Afan Setiyono mengucapakan terima kasih kepada Pemkab Brebes atas perhatian dan bantuanya.

Pihaknya beserta warga Desa Randudanga Kulon sangat berharap agar normalisasi dan pembangunan penahan rob segera direalisasikan. Karena dengan terjadinya rob di desanya, maka secara tidak langsung roda perekonomian terhambat.

“Warga yang terdampak banjir rob ini kurang lebih terjadi 1 bulan terakhir dan baru mendapatkan bantuan pemerintah,” tutupnya. (mah)

Leave a Reply