Bupati Serahkan Bibit Pohon, Peringati Hari Kebersihan Dunia

Kesehatan Pertanian Regional
MENYERAHKAN – Bupati Brebes Idza Priyanti menyerahkan bibit pohon dalam peringatan Hari Kebersihan Dunia.

BREBES, gugah.id – Bupati Brebes, Idza Priyanti menyerahkan bantuan bibit pohon produksi dan buah-buahan kepada perwakilan masyarakat di Kecamatan Larangan, Selasa (14/9/2021). Penyerahan bibit pohon itu dilakukan dalam rangka World Cleanup Day atau Hari Kebersihan Dunia pada 18 September mendatang.

Penyerahan bibit pohon disaksikan seluruh kepala desa, kepala sekolah, karang taruna, dan gabungan ormas di Kecamatan Larangan. Penyerahan secara simbolis ini juga disaksikan, Muspika Larangan. Penyerahan bibit pohon dilakukan setelah menggelar bersih-bersih sampah di Desa Rengaspendawa.

Penanaman pohon dilakukan di sekitar di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) BUMDes Pandawa Jaya, Desa Rengaspendawa, Kecamatan Larangan. Kegiatan World Cleanup Day ini diawali dengan apel bersama kemudian dilanjutkan dengan pemilahan sampah secara simbolis oleh Bupati dan Forkopimda.

Bupati Idza Priyanti mengatakan, peringatan World Cleanup Day ini dipusatkan di TPS 3R BUMDes Rengaspendawa. Idza mengapresiasi kerja keras yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes bersama Pemerintah Desa Rengaspendawa, sehingga kegiatan ini bisa berjalan lancar.

“Pemerintah Daerah sudah menginstruksikan agar desa-desa di kabupaten Brebes tanggap dalam menangani sampah yang saat ini di masa pandemi malah meningkat,” katanya.

Menurut Idza, pihaknya akan terus mendukung dan mendorong agar bukan hanya di Desa Rengaspendawa yang sudah melaksanakan proses pilah sampah. Namun semua desa juga harus ikut fokus agar sampah benar-benar di selesaikan dengan baik.

“Harapan kami dengan proses pilah dan penyelesaian sampah yang baik maka masalah sampah saat ini bisa tertangani dengan baik dan bukan di peringatan hari kebersihan se dunia saja, melainkan terus berkesinambungan,” lanjut dia

Sementara itu, Kepala Desa Rengaspendawa Sumardi mengapresiasi Pemkab Brebes yang hadir dalam acara peringatan World Cleanup Day.

“Kegiatan ini menjadi motivasi kami untuk terus berupaya dalam menyelesaikan masalah sampah di Desa Rengaspendawa,” tuturnya.

Menurutnya, dalam pengolahan sampah di Desa Rengaspendawa, pemerintah desa bersama BUMDes Pandawa Jaya terus berinovasi dari proses pemilahan sampah saat ini.

“Dari sampah rumah tangga diproses pemilahan sampah dan yang organik diberikan untuk budidaya magot dan berharap agar Pemda terus mendukung program sampah di desa kami,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel pagi, lalu penukaran sampah dengan bibit pohon. Kemudian dilanjutkan dengan melihat proses pemilihan sampah dan budidaya magot serta pembakaran sampah. Terakhir, penamaan bibit pohon di Agrowisata Brebes serta penaburan benih ikan di sungai buatan yang ada di Agrowisata BUMDes Rengaspendawa.

“Ibu Bupati tidak lupa mengecek operasional TPS Bumdes Pandawa Jaya Desa Rengaspendawa, sambil memberikan arahan,” tandasnya. (dn)

Leave a Reply