Cari Bibit Unggul, 614 Atlet Brebes Berlaga di Ajang Popda Brebes

Pendidikan
Wakil Bupati Brebes, Narjo membuka Popda Brebes dengan menjajal olahraga panahan di GOR Sasana Adhi Karsa Brebes. (foto: Istimewa)

BREBES, gugah.id – Pemkab Brebes terus melakukan upaya pencarian bibit unggul di bidang olahraga. Pencarian itu dilakukan salah satunya dengan gelaran Pekan Olahraga Daerah (Popda). Pesertanya adalah para pelajar yang merupakan generasi muda.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes menggelar Popda tingkat Kabupaten Brebes tahun 2021 sekaligus sebagai ajang evaluasi hasil pembelajaran olahraga di satuan pendidikan, Kamis (21/10/2021). Gelaran Popda ini sebagai langkah mempersiapkan kontingen Kabupaten Brebes dalam gelaran Popda tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

Mengingat masih pandemi Covid-19, Popda Kabupaten Brebes tahun ini digelar dalam bentuk virtual dan nonvirtual dengan menerapkan protokol kesehatan ketat bagi seluruh peserta, pelatih, dan panitia.

Wakil Bupati Brebes Narjo berharap, gelaran Popda tingkat Kabupaten Brebes tahun ini tidak lagi menjadi agenda tahunan semata. Melainkan harus menjadi titik lanjut pembibitan dan pembinaan olahraga di Kabupaten Brebes yang harus dilaksanakan dengan konsisten.

“Dari gelaran Popda ini akan terjaring bibit-bibit muda potensial yang akan dibina lebih lanjut, sehingga bisa berprestasi lebih baik di tingkat nasional,” kata Narjo.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Narjo, satuan pendidikan juga diharapkan mampu memantau, menggali, dan membina potensi pelajar. Serta menciptakan paradigma bagaimana atlet pelajar bisa berprestasi di kancah Nasional, agar ke depan Brebes bisa melihat bendera pataka Kabupaten Brebes berkibar di pentas olahraga Nasional.

Baca Juga:

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes, Fajar Adi Widiarso mengatakan, Popda Brebes tahun ini digelar secara virtual dan nonvirtual. Pekan olahraga ini digelar mulai 21 hingga 26 Oktober di beberapa tempat sarana olahraga seperti Stadion Karang Birahi, GOR Indor Sasana Krida Adhi Karsa, Lapangan Tenis GOR, SMK Bina Bangsa Kersana dan lapangan Panahan Komplek GOR Sasana Krida Adhi Karsa.

“Jumlah total peserta pada seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan adalah 614 atlet yang terdiri dari cabang karate (50 atlet), pencak silat (76 atlet), taekwondo (52 atlet) dilaksanakan secara virtual. Selain itu, bulutangkis (221 atlet), panahan (100 atlet) , atletik (20 atlet), tenis meja (49 atlet), tenis lapangan (46 atlet) dilaksanakan nonvirtual,” pungkasnya. (mah)

Leave a Reply