Dampak Banjir di Wilayah Brebes, Puluhan Ekor Kambing Mati

Peristiwa
(dok.istmw) kerugian bagi peternak kambing di Desa Dukuhmaja, Kecamatan Songgom.

BREBES, gugah.idBanjir di wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, juga berdampak kerugian bagi peternak kambing di Desa Dukuhmaja, Kecamatan Songgom.

Setidaknya ada 23 ekor kambing mati milik warga Dukuh Mingkrik RT/RW. 01, Desa Dukuhmaja akibat meluapnya Sungai Kemiriamba setelah wilayah desa tersebut diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi sejak Rabu petang (4/1).

Dijelaskan Danramil 17 Songgom Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Tuteng Aryolona, dari 23 ekor kambing tersebut, 7 ekor kambing milik Sugeng Rawuh (38) dan 16 ekor lagi milik Sri Hastuti (52).

“4 ekor kambing milik Pak Sugeng Rawuh hilang terbawa arus banjir, sedangkan 3 ekor lagi mati di kandang akibat terendam air. Kemudian kambing milik Ibu Sri Hastuti 14 ekor mati di kandang terendam air sedangkan 2 ekor lagi hilang hanyut terbawa arus,” bebernya, Kamis siang (5/1/2023).

Lanjut Tuteng, musibah itu terjadi juga karena letak kandang ternak warga tersebut yang berada di daerah rendah dekat dengan aliran sungai.

“Siang ini bangkai dari kambing yang berhasil ditemukan akan dikuburkan oleh warga,” tandasnya.

Atas kejadian tersebut, warga dihimbau agar memindahkan ternak mereka ke tempat yang aman, jauh dari bibir sungai dan di ketinggian. (Aan)

Leave a Reply