Dapat Remisi, Eks Napi Pecurian Kini Merdeka Hirup Udara Bebas

Regional
Bupati Brebes Idza Priyanti yang memberikan berkas remisi kepada narapidana.

BREBES, gugah.id – Sodikin (48), warga Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes akhirnya bisa menghirup udara bebas. Dalam peringatan Kemerdekaan RI, Sodikin telah mendapatkan remisi hukuman setelah mendekam di tahanan selama 1 tahun 15 hari.

Sodikin didakwa Pasal 362 KUHP setelah dinyatakan bersalah telah mencuri 20 tabung gas. Kini, Sodikin tak menyangka bakal kembali menghirup udara bebas dan kembali berkumpul dengan keluarganya.

Setelah bebas di penjara, ia berkeinginan membuka usaha atau berdagang. Selama di sel tahanan, ia mendapatkan banyak hal positif yang bisa mengubah pandangan hidupnya. Dia merasa dirinya lebih baik setelah menjalani hukuman.

“Alhamdulillah bisa kembali ke keluarga. Setelah ini nanti rencananya mau usaha atau berjualan. Selama di dalam Lapas banyak hal positif yang dipelajari seperti mendengarkan ceramah, keterampilan dan lainnya,” kata Sodikin di Lapas Kelas IIB Brebes, Selasa (17/8).

Bupati Brebes Idza Priyanti yang memberikan berkas remisi kepada narapidana berharap, narapidana atau napi yang mendapatkan remisi tidak lagi mengulangi perbuatannya. Apalagi menjadi pelaku residivis yang meresahkan masyarakat. Dengan tidak mengulangi perbiatannya, maka masyarakat merasa tenteram dan aman.

“Tentu harapan kami, mereka yang mendapatkan remisi khususnya yang bebas hari ini tidak lagi mengulangi perbuatannya,” kata Idza.

Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan mengatakan, penyerahan remisi atau pengurangan masa pidana diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Tentang Pemberian Remisi Umum (RU) Tahun 2021 jumlah napi yang memperoleh Remisi Umum sebanyak 173 Orang.

“Pemberian remisi ini diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap perbaikan diri para narapidana dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Narapidana yang mendapat remisi telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif,” ungkapnya.

Jumlah penghuni Lapas Kelas IIB Brebes Per 17 Agustus 2021 sejumlah 267 Warga Binaan. Adapun persyaratan mendapatkan remisi, lanjut Kapalas, di antaranya telah menjalani pidana minimal enam bulan dan tidak terdaftar pada register F, buku catatan pelanggaran disiplin narapidana serta aktif mengikuti program pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan.

“Jumlah tahanan 42 orang (tahanan yang dititipkan di Polres Brebes sejumlah 27 orang) dan Narapidana 225 orang. Pemberian remisi merupakan sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan dan memotivasi perbaikan diri dan mental bagi narapidana untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya,” papar Kalapas.

Narapidana di Lapas Kelas IIB Brebes yang mendapatkan remisi umum (RU) Tahun 2021 sebanyak 173 orang. Narapidana Pria sebanyak 168 orang dan wanita sebanyak 5 orang. Sedangkan ketentuan RU I sebanyak 170 orang dan RU II sebanyak 3 orang (1 orang langsung bebas, 2 orang menjalani subsider).

“Narapidana yang bebas itu dengan ketentuan RU II ada 1 orang, dan dua orang lainnya masih menjalani subsider,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply