Dari Keluarga Tidak Mampu, Balita Ini Makan Pasir dan Tanah

Umum
Seorang balita dari keluarga miskin di Kota Tegal, Jawa Tengah berperilaku aneh. Balita berusia tiga tahun

TEGAL, gugah.idSeorang balita dari keluarga miskin di Kota Tegal, Jawa Tengah berperilaku aneh. Balita berusia tiga tahun tersebut kerap memakan tanah dan pasir setiap hari. Jika dilarang ibunya, balita tersebut kerap menangis.

VF, balita tiga tahun yang merupakan anak ketiga dari pasangan Carmo (50) dan Umrotun (41). Pasangan ini merupakan warga Kelurahan Debong Lor Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Anaknya yang masih balita kerap berperilaku aneh. Hampir setiap hari, VF yang bermain di tanah lapang gemar memakan tanah dan pasir saat tengah asyik bermain.

Sang Ibu, Umrotun mengaku, anak balitanya itu bahkan kerap memakan rontokan tembok yang lapuk. Dirinya menyadari perilaku anaknya yang tak wajar tersebut, saat balita itu berumur satu setengah tahun.

“Saya sering memergoki anak saya memasukan tanah ke dalam mulutnya, seperti makanan. Kebiasaan itu sering dilakukan saat dia bermain di luar rumah. Kalau dilarang nangisnya keras,” katanya, Senin (13/9/2021).

Menurut Umrotun, anaknya hanya mengalami sakit perut ringan setelah makan tanah. Ia bersma suaminya pun sebenarnya ingin memeriksakan anaknya ke dokter, karena kebiasaan buruk tersebut masih terjadi hingga kini. Namun karena keterbatasan ekonomi, mereka mengurungkan niatnya. Ia pun hanya membelikan obat warung jika anaknya sakit.

Umrotun dan suaminya Carmo hidup di rumah peninggalan orangtua yang kondisinya tak layak huni. Suaminya hanya menjadi tukang servis elektronik panggilan yang penghasilannya tidak tetap. Sementara bantuan sosial dari pemerintah setempat tak pernah sampai ke tangannya, lantaran status pernikahannya hanya nikah siri.

“Kalau saya cuma ibu rumah tangga, tapi suami kerjanya servis barang elektronik,” tandasnya. (ardi)

Leave a Reply