Dorong Pelajar Menabung, Jateng Raih Penghargaan Dari OJK

Ekonomi Pendidikan Politik Sosial

Gugah.id– Provinsi Jawa Tengah (Jateng) meraih penghargaan menjadi provinsi terbaik dalam implementasi Simpanan Pelajar (Simpel) tingkat nasional. Penghargaan itu diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  dalam acara penutupan Bulan Inklusi Keuangan 2020 secara daring, Kamis (5/11).

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan kesuksesan gerakan inklusi keuangan di Jateng tidak terlepas dari peran OJK. Menurutnya, selama ini OJK terus membimbing Jawa Tengah untuk menggalakkan program ini, khususnya pada pelajar.

“Ini tidak mudah, tapi kami mendorong terus agar pelajar di sekolah-sekolah giat untuk menabung. Melalui gerakan simpanan pelajar dari OJK yang bekerja sama dengan Bank Jateng, kami terus melakukan edukasi ini pada mereka,” kata Ganjar.

Anggota Dewan Komisioner OJK, Tirta Segara, mengatakan penghargaan itu diberikan kepada Jateng karena dinilai giat dalam mendorong para pelajar untuk menabung dalam gerakan simpanan pelajar. Menurutnya, program inklusi keuangan pada generasi penerus harus sudah dilakukan sejak dini di Jateng.

“Selamat untuk Jateng. Kami memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas suksesnya implementasi Simpel (simpanan pelajar).” ujar Tirta saat melakukan video conference dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Tirta menerangkan, gerakan inklusi keuangan kepada pelajar sangat penting dalam menunjang masa depan mereka. Selain itu, gerakan ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

“Upaya Jateng menggelorakan gerakan simpanan pelajar semakin membesarkan hati kami dan semangat dalam melakukan inklusi keuangan pada masyarakat,” ucapnya.

Banyak cara yang dilakukan Ganjar untuk mensosialisasikan program ini. Salah satunya adalah menggunakan program Gubernur Mengajar. Dengan program itu, Ganjar bisa datang ke sekolah-sekolah untuk memberikan pengalaman dan mengajar kepada siswa serta membuka ruang dialog dan interaksi dengan siswa.(*)

Leave a Reply