Dua Staf KPU Brebes Positif Covid-19, Kantor Disterilisasi

Kesehatan
Terlihat Petugas Sedang Melakukan Sterilisasi Di Ruangan Kantor KPU Brebes

Gugah.id – Dua staf di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Itu diketahui dari hasil tes swab yang dilakukan oleh KPU Brebes pada Kamis (10/12) kemarin. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kantor KPU, telah dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan.

Dua staf yang dinyatakan terkonfirmasi virus corona tersebut merupakan orang tanpa gejala (OTG). Mereka sekarang ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sedangkan semua staf dan karyawan di Kantor KPU saat ini diminta untuk Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah. Hanya sejumlah staf yang kerja di kantor saat piket.

Pengambilan sampel swab massal ini dilakukan atas instruksi dari KPU pusat, meskipun di Kabupaten Brebes sendiri tidak ada Pilkada. Pengambilan swab dilakukan dengan kerjasama dengan laboratorium yang ada di Kabupaten Brebes. Dari Hasil swab massal ini menyatakan, dua orang staf KPU Brebes dinyatakan terkomfirmasi positif Covid-19.

“Kemarin Hasil tes swab yang kedua sudah keluar, dan ada dua staf kami yang dinyatakan terkonfirmasi positif. Jadi selama dua hari ini, kami memberlakukan WFH,” kata Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi di kantornya, Selasa (15/12).

Riza mengungkapkan, sebelumnya seorang staf yang dinyatakan terkomfirmasi positif pada swab pertama saat dilakukan swab kedua sudah dinyatakan negatif. Staf yang bersangkutan sudah melakukan aktivitas kerja seperti biasa. Sejak saat itu pula, Kantor KPU Brebes rutin dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan.

“Sejak diketahui adanya staff kami yang positif covid-19, Kantor KPU rutin dilakukan sterilisasi. Kami juga terapkan Protokol kesehatan secara ketat,” tambahnya.

Perlu Diketahui KPU Brebes Laksanakan Test Swab Meski tidak Selenggarakan Pilkada.

Sebelumya diberitakan, meskipun KPU Kabupaten Brebes tidak menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) seperti wilayah kabupaten lain, namun sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19, semua komisioner dan staf KPU Brebes tetap melakukan pengambilan sampel swab.

Pengambilan sampel swab pada seluruh komisioner dan karyawan KPU Kabupaten Brebes diikuti oleh 27 orang. Pengambilan swab di KPU Brebes ini untuk mengetahui ada atau tidaknya penyebaran Covid-19 di lingkungan kerjanya. Sebab, mobilitas atau interaksi antar orang cukup tinggi, dan ada risiko terjadinya penyebaran Covid-19. (*)

Leave a Reply