Empat Kali Wisuda, Umus Brebes Belum Punya Wadah Alumni

Pendidikan
(Gugah.id) Sambutan Rektor Umus Dr. Robi Setiadi, S.Kom.,MM,.

BREBES, Gugah.id – Selain menjadi wajah yang sesungguhnya bagi sebuah Institusi Perguruan Tinggi, peran Alumni bagi sebuah almamater tentu sangat dibutuhkan dan tidak bisa diragukan lagi. Dimana dalam perannya, selain sebagai ajang silaturahmi dan juga komunikasi tentu bisa mengantarkan sebuah institusi Perguruan Tinggi ke kancah Nasional atau kancah berkelas Dunia.

Perihal itu, Panitia Pembentukan Ikatan Alumni Universitas Muhadi Setiabudi Brebes (IKA- Umus) tidak hentinya menggerakkan peran Alumni untuk terus bersama memberi kontribusi bagi Umus, salah satunya dengan kegiatan pembentukan Alumni Umus yang diselenggarakan pada hari Minggu (28/2/2021) di Auditorium Umus Brebes dengan menerapkan Prokes yang sudah ditentukan.

Salah satu Panitia yang juga merupakan Alumni Umus, Zamzam Kasir menjelaskan, selain menjadi aset penting bagi Almamater, Alumni juga memiliki segudang potensi untuk turut memajukan sebuah Institusi Perguruan Tinggi. Untuk itu secara masif Universitas Muhadi Setiabudi Brebes (Umus) melalui Alumni yang sudah bekerja dan menjadi Staf di kampus bisa selalu berbagi informasi kepada seluruh Alumni Universitas Muhadi Setiabudi Brebes,  salah satunya dengan acara pembentukan Ikatan Alumni Universitas Muhadi Setiabudi (IKA Umus) ini.

“Berbicara Alumni tentu banyak potensi yang dimiliki, selain aset tentunya harapannya bisa memajukan Almamater Kampus. Itulah kenapa kami yang bekerja dan menjadi staf Umus selalu menginformasikan kepada Alumni lainnya untuk membentuk wadah Alumni. Dan alhamdulillah hari ini bisa terlaksana,” ujar Zamzam kasir.

Pada kesempatan tersebut, hadir juga Rektor Umus bersama jajaran pimpinan dilingkungan Umus. Dalam kesempatan itu Dr. Robi Setiadi, S.Kom, MM, selaku Rektor Umus mengatakan bahwa salah satu indikator kinerja dan kepengurusan sebuah Perguruan Tinggi adalah kualitas Alumni, dan itu indikator utama yang ditentukan oleh Kementerian. Karena kedepan aturan dari Pemerintah semakin ketat.

“Dari Employabiliti Alumni, bisa menunjukan kualitas pendidikan di sebuah perguruan tinggi.
Employer reputation menjadi indikator utama yang ditentukan Kementerian, karena kedepan aturan Pemerintah diperketat. Kami berharap peran Alumni untuk bisa mendukung untuk kemajuan Umus” kata Robi.

Dr Robi juga berharap selain peran Alumni untuk kemajuan almamater, juga agar bisa menaikkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang ada di Kabupaten Brebes. Makanya untuk pembentukan Ikatan Alumni Universitas Muhadi Setiabudi (IKA Umus) pihak civitas Universitas tidak akan intervensi, selagi tetap masih pada jalurnya. Bukan karena kepentingan politik akan kelompok tertentu apalagi segelintir orang saja.

“Tentu harapan saya, Alumni Umus bisa menaikan IPM (Indeks Pembangunan Manusia ) di Kabupaten Brebes yang sekarang masih buncit di Jawa Tengah, saya merasa malu kalo ditanya masalah ini.  Dan Ketika Ikatan Alumni sesuai jalur dan program kerjanya nyata tanpa kepentingan politik maka kampus tidak akan intervensi.” Papar Robi.

Harapan yang sama juga disampaikan Wadli, S.Tp., M.Si., selaku Warek 3 (tiga) yang membawahi Alumni. Bahwa nantinya Ikatan Alumni Umus bisa memberikan kontribusi nyata, serta bisa terus menanamkan rasa kebanggaan kepada Almamaternya.

“Kebanggaan Alumni terhadap almamater yang dimilikinya, tentu bisa mendorong para Alumni untuk berkontribusi nyata kepada masyarakat, karena kita bekerja bukan untuk sendiri. Tapi untuk kepentingan bersama” harap Wadli.

Wadli juga menyampaikan terima kasih atas peran serta Alumni yang telah membawa Umus lebih baik lagi. dan dalam hal ini tentu komitmen Universitas dalam mengembangkan sebuah pendidikan yang bisa menyesuaikan kebutuhan di masa depan.

“Kita ingin melahirkan lulusan yang bisa menaklukan tantangan global dan masa depan karena itu komitmen Umus dalam mengembangkan pendidikan, serta kami ucapkan terima kasih atas peran serta Alumni yang selama ini bisa membawa umus lebih baik lagi”. Pungkasnya. (Jun)

Leave a Reply