Empat Pelaku Perampokan Mesin ATM Tertangkap Dua Buron

Peristiwa Regional

Gugah.id – Empat pelaku perampokan mesin ATM di Kabupaten Brebes yang terjadi beberapa waktu lalu berhasil diringkus Tim Resmob Satreskrim Polres Brebes. Hasil pengembangan kasus perampokan ini menyatakan, mereka merupakan residivis kasus serupa.

Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto dalam konfrensi pressnya mengatakan, jumlah total pelaku perampokan mesin ATM milik Bank Jateng unit Jatibarang itu ada 8 orang. Dari jumlah itu, 6 orang pelaku termasuk penadah mesin ATM berhasil diringkus jajarannya. Sedangkan dua pelaku masih dalam pengejaran. Mereka masuk DPO Polres Brebes.

“Total ada delapan tersangka. Yang kita amankan sebanyak enam orang, dua pelaku lain kini diamankan Polda Jabar karena kasus yang berbeda dan dua lainnya masih DPO. Kami juga menangkap dua orang penadah mesin ATM hasil curian,” kata Kapolres, Kamis (26/11).

Para pelaku yang berhasil ditangkap adalah AD Jaelani alias Tegal, Eriady Amir alias Pakcek, Krisna Yusak alias Kombes dan Agung Kurniawan. Kemudian, dua pelaku sebagai penadah yakni, Radi Sabatini alias Bodong dan Juhanda alias Ganda.

Sedangkan dua pelaku lain yang masuk DPO adalah PD dan JN. Kesemua tersangka tersebut merupakan warga Jakarta. Mereka ditangkap di tempat berbeda di wilayah Jawa Barat. 

Dari tangan mereka, pihaknya hanya berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, mesin ATM yang telah dibongkar menjadi beberapa komponen, tiga buah linggis, satu buah obeng, lima buah kaset mesin ATM, dua buah power suply dan rekaman CCTV. Sementara uang di dalam mesin ATM senilai Rp 179.450.000 telah habis dipakai para tersangka.

“Para tersangka ini kami jerat pasal 363 Ayat (1) ke-4 dan ke-5 KUHP. Mereka kami ancaman kurungan penjara selama sembilan tahun,” tandasnya. (*)

Leave a Reply