Gali Potensi Wisata, Warga Songgom Percantik Goa Lawa hingga Urus Legalitas

Foto Pariwisata
(foto-foto: Dokumen Istimewa)

BREBES, gugah.id – Goa Lawa Songgom, Kabupaten Brebes terus dibenahi untuk dijadikan destinasi wisata. Goa bersejarah yang lama terbengkalai tanpa pengelola ini akhirnya memunculkan kesadaran warga untuk membenahinya. Warga sekitar, terutama para pemuda bahu membahu melakukan pembenahan ekstra.

Pembenahan diawali dengan melakukan pembersihan semak belukar di sekitar Gowa Lawa. Kemudian warga melakukan pembenahan di dalam goa, seperti pembuatan tracking (jalan) dan perlengkapan lainnya. Tak hanya itu, kelengkapan sarana dan prasarana di sekitar lokasi wisata juga terus dibangun, seperti toilet, wahana permainan, dan spot lainnya.

Upaya para pemuda menggali potensi sektor wisata tidak sampai di situ. Mereka pun mengurus legalisasi tempat wisata dengan pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) serta menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah.

Untuk pengembangan rintisan wisata Goa Lawa Songgom, sejumlah pengurus Pokdarwis Pesona Goa Lawa mendatangi kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Brebes, Seni (4/10/2021). Kedatangan mereka disambut langsung Kepala Bidang Pariwisata Agus Ismanto. Ia pun berpesan agar Pokdarwis segera untuk dikukuhkan. Hal-hal yang masih belum jelas untuk segera dikoordinasikan.

“Kami siap memfasilitasi dan mendukung Pokdarwis untuk tumbuh dan berkembang di Kabupaten Brebes. Legalitas diperlukan untuk keberlanjutan sebuah organisasi yang diakui,” katanya.

Ia menambahkan, Pokdarwis harus kreatif untuk menyuguhkan berbagai daya tarik wisata agar pengunjung tidak bosan ketika mengunjungi Goa Lawa. Menurutnya, perlunya inovasi dan terobosan untuk mempercantik lokasi wisata, tanpa menghilangkan sisi kearifan lokal.

“Jangan terpukau dan puas diri membludaknya pengunjung saat ini. Terus lakukan terobosan agar Goa Lawa kian diminati masyarakat. Kekompakkan tim harus tetap solid,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Pesona Goa Lawa Abdul Kharis menuturkan bahwa pihaknya menyambangi kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes, adalah sebagai upaya untuk menjalin komunikasi dengan pihak terkait. Langkah itu dilakukan agar dukungan bisa mengalir dari unsur terkait menjadikan kekuatan tersendiri dalam mewujudkan cita-cita Goa Lawa menjadi tujuan wisata favorit.

“Selepas kunjungan ini Pokdarwis segera merapat untuk mempersiapkan keperluan agenda pengukuhan,” tutupnya. (mah)

Leave a Reply