Ganjar Menjadi Penerima Vaksin Covid-19 Pertama di Jateng

Kesehatan Nasional Regional
Dokumen istimewa, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Saat divaksin covid-19

SEMARANG, Gugah.idGubernur Jateng Ganjar Pranowo hari ini Kamis, (14-1-2021) secara live, menerima Vaksin Covid-19 yang pertama di provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya Pemberian vaksin covid-19 yang pertamakalinya di Indonesia diberikan kepada Presiden RI Joko Widodo di istana merdeka Jakarta, pada Rabu kemarin secara live.

Dalam pemberian vaksin covid-19 di Jateng di awali oleh Gubernur Ganjar Pranowo dan diikuti oleh pejabat lainnya.

Dari data Dinkes Jateng, yang mengikuti vaksinasi tahap pertama ini selain nakes yaitu Untuk tingkat provinsi di antaranya adalah Gubernur, Wagub (Taj Yasin Maimoen), Pangdam IV Diponegoro (Mayjen Bakti Agus Fadjari), Kapolda Jateng (Irjen Pol Ahmad Luthfi).

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah (Yulianto Prabowo), Direktur RSUD Tugurejo (Haryadi Ibnu Junaedi), Ikatan Dokter Indonesia (Muhammad Heru Muryawan), Pimpinan wilayah PPNI (Edy Wuryanto), tokoh agama Islam (KH Akhyani) dan dari tokoh agama Katolik (Romo FX Sugiyono Pr), dan wakil Ketua DPRD Jateng (Sukirman).

Dalam pemberian vaksin ini sebelumnya melakukan beberapa tahapan pemeriksaan. Terlihat ada 4 tahapan, pertama penerima vaksin menuju ke meja 1 untuk melakukan pendaftaran, dimana penerima akan melakukan registrasi menggunakan kartu kependudukan untuk mendapatkan vaksinasi.

Kemudian tahapan ke dua penerima vaksin akan diarahkan ke meja 2 untuk dilakukan screening kesehatan sederhana salah satunya pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan suhu. Kemudian akan dilakukan wawancara dan diberikan 16 pertanyaan sesuai dengan format list telah disusun untuk Screening pemeriksaan sebelum vaksinasi yang telah dibuat sesuai dengan rekomendasi  persatuan dokter ahli penyakit dalam Indonesia . Tujuannya adalah untuk menilai apakah ada faktor pengorbit yang dimiliki sebelum dilakukan vaksinasi Covid-19.

Selanjutnya tahapan ke tiga diarahkan ke meja 3 dimana akan dilaksanakan proses vaksinasi. Dalam pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan dilakukan oleh dokter penyakit dalam RS Umum Daerah Tugurejo, Dr. Zulfahmi spesialis penyakit dalam.

Setelah disuntik vaksin, Ganjar diarahkan ke meja 4, dimana akan dilakukan pencatatan dan pelaporan dimana gubernur akan mendapatkan dokumen pasca vaksinasi/kartu vaksinasi. Nantinya di meja tersebut akan mendapatkan penjelasan mengenai vaksinasi Covid-19 dan setelah selesai melalui proses semuanya  gubernur akan menunggu selama 30 menit untuk mengetahui apakah ada reaksi dari pemberian vaksin covid-19.

Setelah divaksin Ganjar mengatakan sewaktu divaksin tidak apa-apa, rasanya seperti di gigit semut. Untuk masyarakat tidak usah takut untuk divaksin. Ia mengungkapkan dalam melakukan vaksinasi, tidak ada persiapan apa-apa karena vaksin ini sama halnya dengan vaksinasi yang lainnya. Jadi untuk masyarakat tidak usah takut. Karena dengan vaksinasi ini harapannya dapat membantu kekebalan tubuh kita.

“Untuk Masyarakat tidak usah takut untuk divaksin. Kita praktekan dengan kawan-kawan fokompinda di lingkungan pemprov jateng. Ganjar juga menyampaikan terimaksih atas dukungan dari seluruh masyarakat dan juga di lingkungan fokompinda diantaranya ada TNI, Polri, Kejaksaan, Tokoh Agama, Wakil Gubernur dan semuanya ikut mensukseskan vaksinasi ini. Kita menunggu disini selama 30 menit setelah divaksin,” Ungkapnya. (*)

Leave a Reply