Gempa Pagi Tadi, 23 Rumah di Brebes Rusak

Peristiwa
Tangkapan layar daerah Brebes yang diguncang gempa. (dok. BMKG)

Info Gempa Mag:3.0, 28-Sep-21 08:40:40 WIB, Lok:7.17 LS – 109.03 BT (9 km TimurLaut BUMIAYU-JATENG ), Kedlmn:11 Km, dirasakan di Brebes II MMI ::BMKG

BREBES, gugah.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes mencatat, sedikitnya ada 23 rumah warga di Kecamatan Sirampog, Brebes mengalami rusak akibat gempa yang mengguncang wilayah Brebes selatan.

Selain merusak rumah, gempa ini menimbulkan retakan tanah sepanjang 150 meter di kawasan perbukitan dengan lebar 5 cm. Rumah warga yang mengalami kerusakan berada di Desa Sridadi dan Dawuhan.

Kepala BPBD Kabupaten Brebes, Nuhsy Mansur mengkonfirmasi, di dua desa tersebut 23 rumah warga rusak akibat gempa. Dua di antaranya rusak parah karena bangunan dinding rumah roboh. Namun dinding yang roboh tersebut juga karena faktor usia.

“Hasil pendataan tim BPBD di lapangan, 23 rumah rusak dan dua di antaranya rusak berat. Rumah yang rusak berat itu memang kondisi bangunanya sudah cukup tua jadi dindingnya roboh,” ungkap Nuhsy Mansur, Selasa (28/9/2021).

Untuk sementara, semua penghuni rumah yang rusak diungsikan ke kerabatnya masing-masing. Selain rusak karena dampak gempa, mereka khawatir rumah roboh karena intensitas hujan di kawasan ini cukup tinggi. Terlebih saat ini sudah memasuki musim hujan.

“Sebagian besar diungsikan ke kerabat karena takut roboh. Apalagi intensitas hujan di kawasan itu cukup tinggi,” lanjut Nushy.

Nuhsy melanjutkan, gempa berkekuatan 3,0 skala richter ini juga menimbulkan retakan tanah di kawasan perbukitan Igir Gowok. Retakan yang ditimbulkan akibat gempa ini sepanjang 150 meter dan pebar 5 cm. Retakan ini, menurutnya perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan longsor bila sering terkena hujan.

“Kita mewaspadai dampak dari retakan di perbukitan Igir Gowok sepanjang 150 meter. Karena bila terus menerus terkena hujan akan terjadi longsor,” tutup Nushy. (dn)

Leave a Reply