Hadapi Bencana Alam Polres Brebes Gelar Apel Kesiapsiagaan

Umum
Hadapi Bencana Alam Polres Brebes Gelar Apel Kesiapsiagaan
Kapolres Brebes, Dandim 0713 Brebes, Wakil Ketua DPRD Brebes dan Ketua BPBD Brebes saat mengecek sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Gugah.id – Kepolisian Resor (Polres) Brebes menggelar Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam di Halaman Mapolres setempat, Senin (26/10). Acara apel tersebut dihadiri diantaranya Dandim 0713 Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan, Wakil Ketua DPRD Zubad Fahilatah SE dan Kepala BPBD Kabupaten Brebes Ir Nushy Mansur serta tamu undangan lainnya.

Kapolres Brebes AKBP Gatot Yuilanto dalam sambutannya mengatakan. Apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam ini, dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Sehingga apabila terjadi hal – hal yang tidak dinginkan bersama seperti musibah bencana alam banjir maupun tanah longsor maka penanganannya dapat dilaksanakan secara optimal.

Dia menambahkan, perlu diketahui bersama bahwa berdasarkan kalender di wilayah Kabupaten Brebes sering terjadi musibah bencana alam. Di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan di saat masuk musim penghujan hampir beberapa kecamatan di wilayah jalur selatan mengalami bencana tanah longsor. Seperti Kecamatan Tonjong, Kecamatan Sirampog, Kеcamatan Bumiayu, Kесamatan Bantarkawung, Kecamatan Salem. Sedangkan untuk wilayah jalur tengah seperti Kecamatan Banjarharjo.

“Adapun musibah bencana banjir sering terjadi di wilayah kecamatan jalur pantura seperti Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, Losari. Sedangkan wilayah jalur tengah di Kecamatan Ketanggungan,” Ujar Kapolres.

Upaya pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya berbagai macam bencana alam harus lebih diprioritaskan, karena upaya pencegahan jauh lebih baik dari pada upaya penaggulangan.

Oleh karena itu, mari bersama sama dengan instansi terkait untuk melakukan langkah konkrit dalam menanggulangi berbagai macam bencana alam yang diperkirakan akan terjadi.

“Mari kita bersama sama memohon kepada Allah SWT, agar Kabupaten Brebes senantiasa dijauhkan dari segala macam bencana alam yang ada. Dan mudah – mudahan melalui apel kesiapsiagaan pada hari ini akan lebih meningkatkan soliditas dan sinergitas dalam rangka mengantisipasi penanganan bencana alam di wilayah Kabupaten Brebes,” paparnya.

Kapolres juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mеmperhatikan beberapa bencana alam yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Brebes.

“Mari bersama sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes bersama dengan seluruh elemen masyarakat yang ada untuk meningkatkan soliditas dan sinergitas dalam melakukan penanganan bencana alam,” ajak Kapolres. (*)

Leave a Reply