Jalur Propinsi Banjarharjo-Salem Longsor, Buka Tutup Arus Lalu-lintas Diberlakukan

Peristiwa
Jalur Propinsi ruas Banjarharjo-Salem longsor. (foto: Istimewa)

BREBES, gugah.id – Jalur propinsi Banjarharjo-Salem Kabupaten Brebes longsor pada selasa petang (1/2/2022). Longsor tebing jalan terjadi di Dusun Badodon, Desa Bandungsari, Kecamatan Banjarharjo.

Akibatnya, buka-tutup arus kendaraan diberlakukan di jalur tersebut. Kendaraan roda dua maupun roda empat yang hendak melintas di jalur itu harus antre.

Danramil 14 Banjarharjo Kodim 0713 Brebes, Kapten Cpl. A. Chaerul Huda mengatakan, rekayasa lalulintas diberlakukan karena sebagian badan jalan longsor, akibat tergerus derasnya arus sungai Cigora.

“Pondasi jalan amblas sepanjang kurang lebih 50 meter dengan kedalaman sekitar 6 meter dari dasar sungai,” katanya, Rabu (2/2/2022).

Dia melanjutkan, derasnya arus sungai tersebut dipicu akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Bandungsari pada Selasa sore hingga tengah malam.

Pihak kecamatan telah melaporkannya kepada Pemkab Brebes dan diteruskan ke Bina Marga Jateng.

“Pihak kepolisian telah memasang police line. Untuk tanda peringatan juga telah kita pasang sebelum memasuki titik longsor agar para pengendara yang akan melintas tahu dan menurunkan kecepatan kendaraannya,” imbuhnya.

Untuk warga setempat sendiri masih memperbaiki pipa air yang terputus akibat longsor.

Mahesa B

Leave a Reply