Jalur Provinsi Longsor, Puluhan Kendaraan Tertahan di Puncak Lio

Peristiwa
Puluhan kendaraan tertahan di puncak Lio akibat longsor yang menutup jalur provinsi. (foto: Istimewa)

BREBES, gugah.id – Jalur propinsi di wilayah Kecamatan Salem Kabupaten Brebes tertutup material longsor, Kamis petang (13/1/2022). Longsor terjadi di jalur menuju arah puncak Lio. Akibatnya, banyak kendaraan yang tertahan dan tidak bisa melintas. Baik kendaraan dari Kecamatan Banjarharjo menuju Salem maupun sebaliknya.

Salah seorang pengendara, Suwarno mengatakan, bencana longsor terjadi di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem yang juga merupakan jalur provinsi yang menghubungkan Kecamatan Salem dengan Kecamatan Banjarharjo. Longsor terjadi pasca hujan deras beberapa jam. Menurutnya, ada puluhan kendaraan yang tertahan di puncak Lio.

“Saat ini saya masih tertahan di puncak Lio. Mau turun belum bisa karena jalan tertutup material longsor. Saat ini masih dilakukan upaya pembersihan material longsor agar kendaraan bisa melintas,” kata Suwarno yang berkendara dari Kecamatan Bantarkawung.

Sementara itu, Kapolsek Salem Iptu Prapto mengatakan, longsor terjadi pasca hujan beberapa jam sejak sore tadi. Bahkan longsor terjadi di dua lokasi. Akibat longsor ini satu sepeda motor milik pengendara yang sedang melintas hilang terbawa arus.

“Di jalur kelok gunung Lio bahkan satu motor hilang terbawa arus banjir saat melintas, namun pengendaranya selamat,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Kapolsek, material longsoran sudah berhasil dibersihkan dari badan jalan oleh warga dibantu petugas gabungan. Warga melakukan pembersihan material dengan alat seadanya.

“Hanya dengan cangkul milik warga material longsoran yang menutup badan jalan bisa kami singkirkan. Saat ini jalur provinsi tersebut sudah bisa dilalui kembali,” tandasnya. (mah)

Leave a Reply