Jangan Kendor, Operasi Prokes Tetap Digencarkan

Kesehatan
Seorang anggota TNI mengedukasi pedagang di sela pelaksanaan operasi yustisi di Kabupaten Tegal. (foto: Istimewa)

TEGAL, gugah.id – Meskipun angka penyebaran Covid-19 cenderung melandai, operasi prokes terus diperketat. Tim gabungan dari Kodim 07/12 Tegal bersama instansi terkait menggelar operasi yustisi di sejumlah titik keramaian.

Operasi yustisi juga dibarengi pembagian masker kepada masyarakat. Sejumlah tempat umum yang ada di wilayah Kabupaten Tegal, seperti pasar tradisional Pasar Klutuk Kecamatan Pangkah dan tempat keramaian yang lainnya, menjadi sasaran operasi yustisi kali ini, Sabtu (13/11/2021).

Danramil 12/Jatinegara Kodim 0712/Tegal, Kapten Cba Nursalim dalam laporan tertulisnya mengatakan, selain menggelar operasi yustisi, personel juga membagikan masker kepada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker. Kegiatan ini merupakan sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19 di daerah.

“Diharapkan dengan himbauan yang kita berikan serta pembagian masker ini, akan berdampak berkurangnya angka konfirmasi positif Covid-19,” katanya.

Kegiatan pembagian masker dan penertiban bagi warga yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan, akan terus di lakukan, sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

“Kesadaran masyarakat juga menjadi kunci utama dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena apapun kegiatan maupun sosialisasi yang dilakukan, namun kalau masyarakat tidak bisa disiplin dan belum mempunyai kesadaran yang tinggi, maka hal ini tidak akan berhasil,” terangnya.

Pihaknya berharap agar masyarakat tetap selalu mematuhi protokol kesehatan 5M, dengan harapan bisa mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Babinsa Koramil 12/Jatinegara Kodim 0712/Tegal Sertu Heri. S saat bertugas di lapangan mengatakan, sebelum pelaksanaan operasi yustisi, pihaknya bersama Satgas Kabupaten Tegal melaksanakan apel pengecekan di gedung Korpri Kecamatan Slawi kabupaten Tegal.

“Dalam patroli yustisi kali ini Tim Satgas Covid-19 menyasar ke pasar Klutuk Kecamatan Pangkah, dan tidak bosan-bosanya kami memberikan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan (Prokes) untuk memutus penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (ardi)

Leave a Reply