Jelang Penutupan Pintu Masuk Jateng, Kendaraan Dialihkan ke Tol

Nasional
Kasatlantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah

BREBES, gugah.id – Menjelang penutupan pintu masuk Jawa Tengah pada 16 Juli pukul 00.00 WIB, arus lalulintas di Kabupaten Brebes yang menjadi pintu masuk dari Jawa Barat mengalami peningkatan. Peningkatan arus lalulintas terjadi di jalur pantura dan di jalan tol. Banyak kendaraan yang melintas di jalur pantura dialihkan ke jalan tol.

Kasatlantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah mengatakan, satu hari menjelang penutupan pintu masuk Jawa Tengah, petugas Satlantas Polres Brebes melakukan sejumlah persiapan. Penutupan akan dilakukan pada Jumat (16/7) pukul 00.00 di seluruh exit tol yang ada di Kabupaten Brebes.

“Kendaraan-kendaraan sudah mulai kita alihkan ke tol dari jalur pantura dan arah menuju kota Brebes. Kita lakukan pemeriksaan. Yang bukan kendaraan dari sektor esensial dan nonkritikal tidak boleh masuk dan tidak boleh keluar dari tol,” kata AKP Putri Noer Cholifah ditemui di exit tol Brebes Barat, Kamis (15/7).

Putri menyebutkan, mulai hari ini dilakukan penyekatan di jalur pantura, mulai dari jalan Raya Kecipir Kecamatan Tanjung, exit tol Brebes Barat di Kecamatan Wanasari, dan exit tol Brebes Timur di Kecamatan Brebes. Semua kendaraan yang melintas di pos penyekatan tersebut dilakukan pemeriksaan dan dialihkan ke jalan tol.

“Semua kendaraan nonesensial dan nonkritikal kita alihkan ke jalan tol. Sedangkan untuk arus lalulintas hari ini sudah ada peningkatan, utamanya kendaraan-kendaraan logistik. Kalau kendaraan masyarakat tidak ada peningkatan,” lanjut Putri.

Putri mengungkap, ada enam titik penutupan pintu masuk Jawa Tengah, di antaranya di tiga exit tol baik exit tol Pejagan, exit tol Brebes Barat, dan exit tol Brebes Timur. Sedangkan untuk jalur pantura dilakukan penutupan di tiga titik, di antaranya pintu masuk Kecipir Kecamatan Tanjung, exit tol Brebes Barat di Kecamatan Wanasari, dan exit tol Brebes Timur di Kecamatan Brebes.

Jika nantinya terjadi penumpukan kendaraan di jalur pantura, lanjut Putri, merupakan upaya Satlantas Polres Brebes melakukan pemeriksaan kendaraan-kendaraan di pos penyekatan. Jika terjadi penumpukan, itu bukan merupakan kemacetan dan melainkan merupakan antrean kendaraan saat dilakukan pemeriksaan.

“Kalau nantinya ada penumpukan kendaraan, itu antrean untuk dilakukan pengecekan. Bukan kemacetan,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply