Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Brebes Ambrol Diterjang Banjir

Peristiwa

BREBES, gugah.id – Jembatan penghubung dua kecamatan sungai Rambatan yang berada di Desa Kamal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes putus akibat diguyur hujan. Jembatan penghubung dua kecamatan di Brebes ini putus pada Selasa malam (28/12/2021), sekitar pukul 23.00 WIB.

Jembatan tersebut merupakan penghubung Kecamatan Larangan dan Kecamatan Ketanggungan, Brebes. Jembatan itu putus akibat luapan sungai yang mengikis tebing tanah di sekitaran pondasi jembatan setelah diguyur hujan dengan intensitas lebat. Akibat putusnya jembatan ini, aktivitas warga terhambat.

Pjs. Danramil 16 Larangan Kodim 0713 Brebes, Letda Infanteri M. Yazid mengatakan embatan sepanjang 30 meter lebar 5 meter, tepatnya di Dusun Karangbokong itu amblas sepanjang kurang lebih 10 meter.

“Awalnya, sekitar pukul 16.00-20.00 WIB, wilayah Kecamatan Larangan diguyur hujan lebat disertai angin dan petir sehingga mengakibatkan sungai Rambatan meluap dan menggerus jembatan,” terangnya, Rabu pagi (28/12/2021).

Dia mengungkapkan, jembatan itu sangat vital sebagai penghubung ke pusat pemerintahan kecamatan melawati desa tetangganya Pamulihan.

“Untuk kerugian masih belum bisa ditaksir. Saat ini jembatan sama sekali tidak bisa digunakan baik roda empat maupun dua,” ungkapnya.

“Kami bersama perangkat desa dan warga telah memasang pembatas atau tanda, sebagai peringatan bagi para pengguna jalan yang akan melintas,” tandasnya.

Yazid menambahkan, dengan putusnya jembatan tersebut maka warga Desa Kamal harus memutar arah melingkar melewati sejumlah desa di wilayah Kecamatan Ketanggungan (kurang lebih 1 jam 30 menit), hanya untuk ke desa tetangga (Pamulihan) dan ke pusat kota Larangan, di mana sebelumnya hanya memakan waktu 25 menit melewati jembatan itu. (mah)

Leave a Reply