Kapolres Pimpinan Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Regional

BREBES, gugah.id – Apel kehormatan dan renungan suci menyambut Hari Kemerdekaan ke-76 RI digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Tama Brebes. Apel dipimpin Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto SIK Msi dalam suasana hening dan khidmat, Selasa (17/8) dini hari.

Apel dan renungan diawali dengan laporan komandan apel dilanjutkan dengan penghormatan kepada arwah pahlawan oleh pimpinan apel. Sesaat sebelum renungan suci dimulai, seluruh lampu penerangan dipadamkan diiringi tiupan terompet sangkakala, selaras obor wasiat menyala sejurus dengan lantunan doa renungan suci yang memecah malam gelap.

Usai Apel, AKBP Faisal Febrianto SIK Msi menuturkan, meskipun berlangsung di tengah suasana Pandemi Covid-19, prosesi apel kehormatan dan renungan suci HUT ke-76 RI tetap berlangsung khidmat. Apel ini ini merupakan wujud penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Dalam momen tersebut, Kapolres Brebes mengajak semua elemen bangsa untuk menjaga dan merawat kemerdekaan yang telah diraih dengan membangun kebersamaan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“Isi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, yang mencerminkan kepribadian dan karakter bangsa. Persatuan dan kesatuan adalah anugerah yang harus kita jaga dan rawat bersama-sama,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Apel kehormatan dan renungan suci yang dilaksanakan tepat pukul 00.00 WIB sehari menjelang 17 Agustus 2021 tersebut, merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia. Pagi harinya (17/8) digelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan Penurunan Bendera Merah Putih di Alun Alun Kabupaten Brebes.

Turut hadir dalam apel, Bupati Brebes Idza Priyanti , Wakil Bupati Brebes Narjo, Dandim 0713/Brebes Letkol (Arm) Haikal Sofyan, Kajari Mernawati, Ketua PN Brebes Tornado Edmawan , Ketua DPRD Kabupaten Brebes Moh Taufiq, dan undangan lainnya.

Leave a Reply