Kasatlantas Polres Brebes: Diprediksi Malam Ini Puncak Arus Balik

Kasatlantas Polres Brebes: Diprediksi Malam Ini Puncak Arus Balik

Regional
Kasatlantas Polres Brebes: Diprediksi Malam Ini Puncak Arus Balik

Gugah.id – Diperkirakan puncak arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW terjadi pada Minggu malam (1/11). Kendaraan dari arah timur menuju ke barat atau Jakarta yang melalui jalur tol sudah mulai melintas. Namun, kondisi lalu lintas baik di jalur tol maupun di jalur pantura Brebes hingga Minggu sore masih terpantau lengang.

Kasatlantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah usai memantau arus balik di Pos Pantau Pintu Tol Brebes Timur (Brexit) mengatakan, arus lalu lintas ke arah barat di jalur pantura masih lancar. Begitupun arus lalu lintas di jalur tol Pejagan-Pemalang. Sedangkan jalur selatan dari arah Purwokerto-Bumiayu menuju ke arah barat tidak ada hambatan.

“Prediksi peningkatan arus kendaraan menuju ke arah barat atau Jakarta terjadi mulai pukul 15.00 sampai dengan malam ini. Karena kemungkinan Senin besok masyarakat sudah banyak yang mulai beraktivitas atau berkegiatan,” kata Kasatlantas, Minggu (1/11).

Kasatlantas mengungkapkan, untuk kendaraan besar atau sumbu tiga sudah dialihkan agar melintas di jalur pantura. Hal ini sebagai antisipasi jika terjadi peningkatan volume kendaraan di jalur tol. Namun, untuk pemberlakuan rekayasa lalulintas belum ditetapkan. Jika terjadi kepadatan arus, pihaknya akan mengalihkan kendaraan dari tol ke jalur pantura.

“Sekarang ini arus lalu lintas masih normal, sehingga rekayasa lalulintas baik kontra flow dan lainnya belum dilakukan,” ungkapnya.

Untuk rest area, pihaknya sudah menyiapkan rest area B260 Banjaratma yang berkapasitas 1400 parkir kendaraan. Dari pantauan pihak Satlantas, di rest area B260 baru terisi seperempat dari 1.400 space parkir kendaraan. Sehingga masih tersedia banyak tempat kosong untuk pengendara arus balik untuk beristirahat.

Petugas PPTR Pejagan-Pemalang, Deeny Harjono mengatakan hal serupa. Puncak arus balik libur panjang ini diprediksi terjadi pada Minggu malam. Rata-rata kenaikan volume kendaraan di pintu tol Brebes Barat maupun Brexit pada Minggu sore sekitar 20 persen. Sementara data jumlah kendaraan arus balik yang melintas di tol baru terlihat Senin besok.

“Tapi diprediksi volume kendaraan pada arus balik ini lebih tinggi dari arus mudik tanggal 28 Oktober lalu. Kalau arus mudik kemarin 43 ribu kendaraan. Sedangkan arus balik ini diperkirakan mencapai 45 ribu kendaraan,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply