Kejar 70 Persen Warga Tervaksin, Petugas Vaksinator Door to Door

Kesehatan
Anggota DPR RI, Paramitha Widya Kusuma berdialog dengan warga yang mengikuti vaksinasi Covid-19. (foto: Istimewa)

BREBES, gugah.id – Pemkab Brebes melalui Dinas Kesehatan setempat menargetkan cakupan vaksinasi mencapai 70 persen hingga akhir tahun ini. Untuk mencapai angka itu, masih perlu 250 ribu warga Brebes yang harus divaksin. Pernyataan itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Brebes, Imam Budi Santoso, Kamis (2/12/2021).

Dia mengatakan, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Brebes terus digencarkan. Dengan harapan, hingga akhir tahun ini target capaian vaksinasi 70 persen. Saat ini, target vaksinasi di Brebes sudah mencapai 55,68 persen. Pihaknya masih mengejar angka 70 persen dari 1,5 juta sasaran warga Brebes tervaksin.

“Untuk target vaksinasi hingga akhir tahun di Kabupaten Brebes mencapai 70 persen. Kami pun terus memantau pergerakan vaksinasi di semua tempat,” kata Imam di Islamic Center Brebes.

Imam mengungkapkan, untuk mencapai target tersebut, persediaan atau stok vaksin di Kabupaten Brebes saat ini masih aman. Saat ini masih ada 315 ribu dosis vaksin yang akan segera dihabiskan untuk mencapai target. Sedangkan warga yang harus divaksin untuk mencapai target 70 persen itu mencapai 250 ribu orang.

“Untuk stok vaksinasi hingga akhir Desember ini aman. Tinggal perlu pendekatan kepada warga agar mau divaksin,” tambahnya.

Untuk memenuhi target warga yang divaksin agar mencapai 70 persen, pihaknya telah menyiapkan tenaga vaksinator untuk mobilitas turun ke lapangan. Meski begitu, dirinya berharap ada kerjasama dengan 297 desa atau kelurahan untuk ikut sosialisasi kepada warga yang belum divaksin agar mengikuti vaksinasi.

“Untuk stok vaksinasi yang tersedia yakni Pfizer, Sinovac, Astrazeneca dan Sinopharm. Insyaallah dengan stok vaksinasi ini target 70 persen ini bisa terpenuhi,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma juga mengatakan, saat ini cakupan vaksinasi di Brebes terbilang cukup maksimal. Namun, target vaksinasi harus tetap digencarkan. Sehingga, warga yang belum tervaksin bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19. Hal ini agar Kabupaten Brebes bisa memberlakukan PPKM Level 1.

“Meski sudah maksimal, namun capaian vaksinasi harus tetap digencarkan. Mulai dari pemerintah daerah ataun lainnya harus ikut turun ke lapangan dalam mensukseskan target capaian vaksin,” tambahnya.

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Brebes terus digencarkan. Termasuk dengan mekanisme door to door untuk mendekatkan vaksinasi kepada warga. Vaksinasi yang mendatangi satu per satu rumah warga ini menyasar para lansia. Petugas vaksinasi mendatangi rumah-rumah lansia. Vaksinasi door to door ini dilakukan di wilayah perkotaan dan pedesaan.

“Di wilayah perkotaan, tim vaksinator mendatangi rumah warga di Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes. Kemudian vaksinasi di pedesaan dilakukan di Desa Karanglo, Kecamatan Jatibarang, sya juga ikut terjun untuk memantau vaksinasi door to door,” tandasnya.

Tidak hanya itu, Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma juga membagikan paket sembako yang totalnya mencapai 3000 paket sembako kepada warga secara door to door maupun kepada warga yang melakukan vaksin massal di Gedung Islamic Center Brebes dan SMK Negeri 1 Brebes.

“Hari ini ada 3000 dosis vaksin ke 1 dan 2. Selain door to door, di beberapa kelurahan dan desa, ada juga vaksinasi massal di yang diadakan di Gedung Islamic Center maupun SMKN 1 Brebes,” tandasnya. (mah)

Leave a Reply