Keren! Imran Siswa MTSN 1 Tangsel, Raih Emas di Lomba Robotik Internasional

Nasional
(dok.istmw) Imran peraih emas lomba robotik internasional, yang digelar secara online diInternasional Youth Metaverse Robot Challenge di Daejeon.

TANGSEL, gugah.idImran peraih emas lomba robotik internasional, yang digelar secara online di
Internasional Youth Metaverse Robot Challenge di Daejeon, Korea Selatan, 5-7 Agustus lalu. Imran siswa kelas IX MTS N 1 Tangsel berhasil meraih emas di lomba robotik internasional. Kamis (22/9/11).

Dalam gelaran itu, Imran membuat robot yang diberi nama Water Cleaner Robot Boat. Dengan karyanya itu, dia berhasil menyingkirkan pesaing lain dari 30 negara di dunia. Wow.

Salah seorang siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Tangerang Selatan yang bernama Imran mengukir prestasi membanggakan dalam sebuah ajang internasional.

Perwakilan asal Indonesia ini berhasil mengalahkan saingannya dari sekitar 30 negara berkat robot hasil karyanya yang diberi nama Water Cleaner Robot Boat.

Siswa yang masih duduk di kelas IX MTsN ini meraih medali emas dalam kategori Creative Robot Senior Level di kontes Internasional Youth Metaverse Robot Challenge (IYMRC) yang berlangsung di Daejeon, Korea Selatan.

Imran mengaku, terkejut bisa juara di level internasional. Idenya punya dari sebuah keprihatinan akan kondisi sungai di sekitar khususnya area Tangerang dan Jakarta yang kotor.

“Jadi itu adalah robot kapal penjernih air. Robotnya memang di atas air, dan ini jarang dibuat orang-orang karena kesulitannya. Jadi pada kapal itu, ada tanki yang menyerap air kotor lalu memprosesnya. Setelah jernih air akan dikeluarkan lagi. Itu otomatis dan ada sensornya,” Kata Imran. Dikutip dari wargakotalive.com

Selain itu, Imran ingin menciptakan mesin yang berguna bagi manusia. Pembuatan robotnya itu selama satu bulan. Jenis prototypenya sebenarnya kelanjutan dari karya saya sebelumnya di smart city.

“Pada penjernih air ini memang ada dituangkan bahan kimianya sehingga mengolah air kotor jadi jernih, dan ini saya kembangkan di kapal penjernih air dan ikut lomba,” Ujarnya.

Lebih lanjut, Imam Sucipto selaku pembina robotik MTS N 1 Tangsel mengatakan, mendukung penuh kreativitas muridnya untuk berkarya.

Saya ingin anak-anak saya ini mencari ide yang belum ada. Satu sisi, mereka tidak akan instan, melainkan berkembang. Saya juga memberi mereka tantangan, sehingga mereka selalu berlomba berkarya,” Ungkapanya.

Sementara itu, banyak netizen yang mengapresiasi keberhasilannya dan mendoakan untuk bisa melanjutkan pendidikan diluar negeri. Hingga berita ini terbit. Kedepannya akan semakin banyak prestasi diraih anak muda di manapun berada. (sof)

Leave a Reply