Kota Tegal Nol Covid-19, Pemkot Beli Mobil Laboratorium Rp 5,8 Miliar

Kesehatan
Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono meninjau mobil laboratorium milik Pemkot Tegal. (foto: Istimewa)

Mobil Laboratorium PCR Bisa Tes Swab Drive Trhu

KOTA TEGAL, gugah.id – RSUD Kardinah Kota Tegal mulai mengoperasikan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) dan menyediakan layanan tes swab dengan sistem Drive Thru. Pengoperasian ini, selain untuk melayani masyarakat yang membutuhkan hasil tes swab, laboratorium yang berada di dalam kontainer ini juga untuk mengantisipasi gelombang tiga penyebaran Covid-19.

Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyatakan, ‎keberadaan laboratorium PCR dan layanan tes swab Drive Thru di RSUD Kardinah ini untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Laboratorium dalam mobil ini bisa parkir ke lokasi yang ditentukan, kemudian hasilnya dua hingga tiga jam bisa keluar.

“Laboratorium ini sudah berstandar WHO dengan kapasitas pengetesan sebanyak 96 sampel dalam satu kali running. Untuk anggaran pengadaan laboratorium dan alatnya mencapai Rp 5,8 Miliar,” kata Dedy saat acara launching pengoperasian
Senin (18/10/2021).

Petugas kesehatan menunjukkan kelengkapan mobil laboratorium milik Pemkot Tegal. (foto: Istimewa)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari menambahkan, masyarakat yang akan mengakses layanan tes swab Drive Thru cukup datang dan tidak perlu turun ke mobil saat dilakukan tes swab. Orang yang datang langsung melakukan administrasi pembayaran dan dites swab di mobil. Setelah itu boleh meninggalkan lokasi atau boleh melanjutkan perjalanan. Hasilnya dikirim melalui aplikasi Whatsapp atau Email.

“‎Harapannya, laboratorium ini juga untuk mengantisipasi adanya gelombang ketiga sebaran Covid-19. Saat ini Kota Tegal sudah zero Covid-19. Namun karena banyak warga dari luar kota yang datang, Pemkot Tegal tetap waspada. Apalagi RSUD Kardinah juga menjadi jadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dari daerah sekitar,” tutupnya. (ardi)

Leave a Reply