Lima Jam Belum Padam, 11 Mobil Damkar Jinakkan Api yang Bakar 15 Kapal di Kota Tegal

Peristiwa
Petugas pemadam kebakaran berusaha menjinakkan api yang membakar belasan kapal di Kota Tegal. (foto: Hardiyanto)

KOTA TEGAL, gugah.id – Hingga Rabu pagi (17/11/2021), kobaran api yang membakar belasan kapal ikan di kawasan kolam galangan kapal milik PT Tegal Shipyard Utama Kota Tegal, Jawa Tengah belum bisa dipadamkan. Petugas dibantu warga masih berjibaku berupaya memadamkan api.

Sudah lebih dari lima jam kobaran api masih membakar 15 kapal ikan dan belum bisa dipadamkan oleh petugas. Material kapal yang terbuat dari kayu dan fiber serta masih tersimpan BBM, mengakibatkan api sulit dipadamkan.

Hingga saat ini, petugas pemadam kebakaran masih kewalahan untuk memadamkan api, karena kondisi kapal saling berhimpitan dengan kapal lainnya. Medan yang sempit serta material mudah terbakar menjadi kendala dalam pemadaman.

Sedikitnya ada 15 kapal ikan dengan ukuran di atas 30 gross tonase (GT) yang tidak bisa diselamatkan. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran ini. Petugas masih terus berupaya melakukan pemadaman.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, upaya pemadaman terkendala lokasi yang sempit sehingga sulit untuk akses pemadaman. Petugas tengah berupaya agar kobaran api tidak menjalar ke pemukiman.

“Kami sedang berupaya agar kobaran api ini tidak menjalar ke pemukiman warga. Sampai sekarang petugas masih melakukan pemadaman,” katanya Rabu pagi.

Sebelas unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal dikerahkan silih berganti dalam upaya pemadaman api. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, akibat kebakaran ini, kerugian materi ditaksir mencapai milyaran rupiah. (ardi)

Leave a Reply