Mengenal Netsom, Merk Komputer Rakitan Siswa SMK Negeri 1 Songgom

Pendidikan
MENGOPERASIKAN – Seorang siswa SMK Negeri 1 Songgom mengoperasikan komputer hasil rakitannya.

BREBES, gugah.id – Belum banyak yang tahu terkait merk komputer rakitan siswa SMK di Kabupaten Brebes. Ialah Netsom, yang merupakan kepanjangan dari Negeri Satu Songgom. SMK Negeri 1 Songgom Kabupaten Brebes meluncurkan produk elektronik, yakni All In One (AIO) Computer, laptop dan netbook.

Bahkan, sekolah itu menggunakan merknya sendiri untuk produk hasil rakitan komponen elektronik tersebut, yakni Netsom.

Untuk sparepart komputer, sekolah ini bekerjasama dengan perusahan Supertool yang merupakan perusahaan suplayer sparepart komputer. Kemudian, dari berbagai jenis sparepart tersebut dirakit di laboratorium komputer di SMK Negeri 1 Songgom. Perakitan dilakukan oleh siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

“Perakitan dilakukan di sekolah. Pihak Supertool hanya melakukan transfer teknologi bagaimana merakit produk standar industri. Untuk part dari Supertool semua, misalnya di sini ada pesanan nanti kita order ke Supertool untuk mengirimkan bahan dan dirakit di sini,” kata Kepala SMK Negeri 1 Songgom, Djumiko, Selasa (21/9).

Untuk spesifikasi produk komputer hasil rakitannya, Netsom sudah menggunakan teknologi AIO, yakni monitor dan CPU yang menyatu dalam satu perangkat. Selanjutnya unit prosesor yang sudah menggunakan Core i3 dan Core i5 serta terdapat RAM 8 GB. SMK Negeri 1 Songgom juga melakukan kesepakatan harga pasaran dengan pihak Supertool.

“Untuk yang Core i3 kita pasarkan Rp 8.150.000 per unit dan untuk Core i5 kita pasarkan Rp 9.500.000 per unit. Itu harga sesuai dengan kesepakatan kita dengan pihak Supertool,” ungkapnya.

Jalin Kerjasama

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI, Syamsudin mengapresiasi SMK Negeri 1 Songgom yang telah menjalin kerjasama dengan dunia industri, dalam hal ini pihak Supertool. Menurutnya, kerjasama tersebut merupakan salah satu peluang, pihak sekolah bisa mematangkan siswa-siswanya untuk bisa menciptakan produk-produk yang bisa dipasarkan.

“Lulusan SMK ini diharapkan bisa bekerja di perusahan, bisa melanjutkan pendidikan, atau berwirausaha. Untuk itu kita berharap lulusan SMK ini bisa bersaing di dunia kerja. Sedangkan kerjasama dengan industri seperti Supertool ini bisa menjadi peluang untuk mematangkan siswa untuk menciptakan produk,” tambahnya.

Sementara itu, dua siswa SMK Negeri 1 Songgom yakni Yusfika Dwi Six Febria Kelas XII dan Nurul Inayah kelas XI tengah merakit komputer bermerek Netsom saat Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI, Syamsudin meninjau ruang perakitan di laboratorium komputer. Yusfika Dwi Six Febria pun menyampaikan tahapan-tahapan perakitan.

“Untuk merakit satu unit komputer tidak lebih dari satu jam. Untuk merakit yang perlu diprthatikan adalah pemasangan hardisk, USB dan memori yang harus lebih hati-hati,” pungkasnya. (dn)

VIDEO:

NETSOM, MEREK KOMPUTER RAKITAN SISWA SMK NEGERI 1 SONGGOM BREBES

Leave a Reply