Menikmani Kesejukan di Lembah Rembulan

Pariwisata
Wisatawan sedang berswafoto di obyek wisata lembah rembulan, tegal.

TEGAL, gugah.id – Wilayah Kabupaten Tegal, memang kaya dengan keindahan alamnya. Banyak destinasi wisata baru yang mulai bergeliat dan menarik kunjungan wisatawan. Selain destinasi wisata Guci yang sudah familia dengan masyarakat, Kabupaten Tegal juga kini punya destinasi wisata baru, yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, ialah Lembah Rembulan.

Lembah Rembulan berada di Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Hanya sekitar 1 kilometer dari Jalan Raya Objek Wisata Guci. Objek wisata yang baru diresmikan pada Agustus 2020 ini, menyuguhkan pemandangan alam yang sejuk dan asri. Pengunjung bakal menikmati keindahan alam pegunungan.

Hanya saja, akses jalan menuju Lembah Rembulan ini masih belum memadai. Jalanan masih berbatu dan licin. Dari Jalan Raya Objek Wisata Guci, tepatnya di dekat pintu gerbang masuk guci, pengunjung harus mengambil arah menuju Desa REMBUL. Pengunjung akan disuguhi suasana pedesaan sebelum tiba di lokasi Lembah Rembulan.

Wisata ini, juga dilengkapi dengan saung penginapan, yang bisa dinikmati bersama keluarga. Harganya pun murah, mulai dari 300 ribu sampai 500 ribu rupiah per malam. Ada juga lokasi camp ground, yang sangat cocok untuk para pecinta camping. Pengunjung hanya membayar 10 ribu rupiah per malamnya.

Sementara untuk tiket masuk ke Lembah Rembulan, pengunjung cukup bayar 3 ribu rupiah per orang. Untuk tempat parkiran memang belum tertata rapi. Lokasi wisata masih dalam pengembangan oleh pemerintah daerah. Namun, di lokasi pengunjung bisa mengabadikan moment berwisata di spot-spot yang sudah disediakan.

Wisata alam ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Namun, saat ini pembangunan masih dihandel pemerintah daerah. Tempat wisata Lembah Rembulan, dulunya merupakan sebuah lapangan dengan kondisi tanah yang gundul. Atas keprihatinan dari pemerintah desa, saat itu dilakukan penghijauan.

Di sekitar lokasi wisata ini juga memiliki banyak mata air, yang oleh masyarakat digunakan untuk pengairan lahan pertanian. Adanya embung di lokasi wisata ini, diharapkan bisa menampung curah hujan dan air tanah untuk mengantisipasi kekeringan pada saat musim kemarau. (*)

VIDEO: Selengkapnya, Eksplorasi Wisata Baru Lembah Rembulan // Sejuk dan Asri

Leave a Reply