Nikmatnya Makan Durian Rajawetan Langsung dari Kebunnya

Pariwisata

BREBES, gugah.id – Destinasi wisata alam Kebun Durian Antapsari di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah sangat cocok menjadi tempat wisata bagi anda para penikmat durian. Selain bisa menyantap legitnya durian langsung dari kebun, wisatawan juga bisa menikmati minuman olahan dari durian Monthong Rajawetan

Kebun durian Antapsari di Desa Rajawetan Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes memang cukup jauh dari pusat Kota Brebes. Namun, perjalanan sejauh hampir enam puluh kilometer melewati perbukitan dari pusat Kota Brebes akan terbayar saat menikmati legitnya durian monthong yang langsung dipetik dari kebun.

Berbeda dengan durian lain, durian monthong Rajawetan memiliki daging yang tebal dan biji kecil. Sejumlah pengunjung mengaku rasa dan tekstur durian yang seperti mentega berserat ini menjadi alasan berkunjung ke kebun durian Antapsari.

Seorang wisatawan asal Yogyakarta, Supriyono mengatakan, berbagai jenis durian seperti Golden Monthong, Monthong, Cane dan Sitokong ada di kebun durian ini. Namun, karena kondisi cuaca yang tidak menentu, saat ini hanya satu jenis durian yang ada yakni durian monthong.

“Mungkin karena faktor cuaca untuk pertumbuhan berbagai jenis durian ini, sehingga yang ada sekarang hanya jenis monthong. Memang di kebun durian ini sudah banyak dikenal wisatawan,” katanya, Minggu (26/12/2021).

Wisatawan lokal, Ali Fikri, mengungkapkan, selain menikmati legitnya durian, wisatawan juga bisa menikmati minuman olahan dari buah durian. Di antaranya sop durian / es krim durian, dalgona kopi durian hingga dalgona durian beragam rasa seperti dalgona anggur, alpukat dan permenkaret.

“Dalgona kopi durian dengan racikan kopi, krim dan durian menjadi menu minuman yang berbeda dengan minuman lainnya. Aroma kopi dan durian sangat pas untuk dinikmati,” ungkapnya.

Sementara itu, pemilik kebun durian Antapsari, Debi Afriani menuturkan, kebun durian seluas dua belas hektar di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut ini selalu ramai saat akhir pekan. Khusus akhir akhir tahun harga durian monthong hanya hanya Rp. 90 ribu per kilogram. Sedangkan harga untuk minuman olahan cukup terjangkau mulai Rp. 5-15 ribu per porsi.

“Kami juga sedang mengembangkan varietas durian lain, yakni Musang King. Varietas tersebut dari Malaysia. Pengembangan kebun durian dengan berbagai varietas dari lokal maupun manca negara ini bertujuan untuk menarik minat para penikmat durian berkunjung,” tandasnya. (mah)

Leave a Reply