Paman Kapel Apresiasi Pemulangan ABK

Nasional Peristiwa Politik Regional

Gugah.id – Apresiasi pemulangan 157 warga negara Indonesia (WNI), yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK), termasuk 2 jenazah, di kapal ikan berbendera China berhasil dilakukan. Kementrian Luar Negeri yang berkoordinasi dengan berbagai lembaga terkait di tingkat pusat dan Pemprov Sulawesi Utara serta pemerintah Kota Bitung. Pemulangan tersebut berlangsung (7/11) melalui jalur laut Bitung, Sulawesi Utara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menekankan pemerintah memiliki komitmen sangat tinggi untuk menyelesaikan persoalan yang menimpa ABK Indonesia, termasuk tata kelola di dalam negeri.

“Saya menekankan bahwa isu ini sudah bukan merupakan isu antara swasta. Namun, pemerintah sudah harus terlibat untuk memastikan bahwa pelanggaran tidak terjadi di masa mendatang,” ujarnya

Sementara, Ketua Perkumpulan Manning Agency Se Karesidenan Pekalongan (Paman Kapel). Hengki Wijaya menyampaikan apresiasi atas kegigihan pemerintah pusat maupun daerah untuk pemulangan ABK yang yang berasal dari 12 Kapal.

“Di tengah pandemi Covid 19, dimana prosedur lebih ketat dan rumit dibanding sebelumnya, repatriasi yang dilakukan pemerintah ini pantas mendapat acungan jempol,” ujar Hengki, Rabu (11/11).

Paman Kapel memandang kesungguhan pemerintah ini akan memberikan pesan positif di tengah masyarakat. Khususnya keluarga ABK dan stake holder di sektor penempatan ABK, karena hak hak ABK menjadi prioritas utama.

“Ini bentuk pemenuhan hak hak kepada ABK yang selama ini dibutuhkan ABK”, tambah Hengki.

Sebagaimana diketahui, keberhasilan repatriasi ini merupakan tindak lanjut dua pertemuan bilateral antara Menlu Retno Marsudi dan Menlu Wang Yi pada bulan Juli dan Agustus 2020. Repatriasi menggunakan langsung kapal ikan ke Indonesia merupakan yang pertama kali dilakukan.

Menurut Kementerian Luar Negeri, Kerja sama RI-RRT ini akan terus dilanjutkan untuk menyelesaikan kasus-kasus ketenagakerjaan. Termasuk kerja sama penegakan hukum melalui mekanisme mutual legal assistance. (gust)

Leave a Reply