Batik Pasir

Kreativitas di Masa Pandemi: Nurosid Membuat Batik Pasir

Ekonomi Pendidikan
Foto: Nurosid menunjukkan batik pasir buatannya.

Gugah.id – Di tengah pandemi Covid-19, tak sedikit masyarakat yang terus meningkatkan kreativitas selama stay at home. Tak terkecuali kreativitas di sektor kerajinan tangan yang bisa membuka peluang usaha di tengah pandemi Covid-19. Seperti proses kreatif yang dilakukan oleh Nurosid, warga Kota Brebes yang mulai mengenalkan batik pasir hasil karyanya.

Nurosid mengatakan, penggunaan pasir sebagai pengganti malem ini untuk mengurangi limbah kimia dalam proses membuat batik. Dirinya sudah membuat sejumlah motif batik menggunakan pasir.

Batik ini juga diikutkan dalam ajang lomba kreatif dan inovatif (krenova) yang digelar Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Baperlitbangda) Brebes.

“Pasir ini sebagai pengganti malem. Saya menggunakan pasir untuk mengurangi bahan kimia yang ada pada malem,” kata Nurosid ditemui di rumahnya di Jalan Sultan Agung Brebes, Rabu (18/11).

Untuk pewarna kain juga menggunakan bahan alami dari tanaman mangrove. Penggunaan pewarna tanaman mangrove ini lantaran di Kabupaten Brebes, tanaman mangrove mudah didapatkan di daerah pesisir Brebes. Ide membuat batik pasir ini muncul karena media ini lebih mudah, murah dan praktis.

Foto: Koleksi kain batik milik Nurosid

“Kami memunculkan ide membuat batik pasir, artinya yang biasanya membuat batik penghalang warna nenggunakan lilin malem tapi kami menggunakan pasir. Media ini lebih mudah, murah dan praktis,” jelasnya.

Rosid mengaku sudah melakukan inovasi penggunaan media pasir untuk membuat kain batik sejak enam bulan lalu. Pria paruh baya yang kini tengah mengoleksi batik daerah yang ada di Jawa Tengah ini, telah membuat batik pasir dengan berbagai motif dan corak. Batik pasir ini juga mulai dipasarkan.

“Saya juga mengoleksi batik-batik di daerah seperti Dari Pemalang, Slawi, Semarang, Banjarnegara, Kudus, Surakarta, Pekalongan, Demak dan sebagainya. Sekarang sudah ada 16 batik dari kabupaten dan kota di Jawa Tengah,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply