Peduli Semeru, Mahasiswa dan Alumni Umus Brebes Galang Donasi

Pendidikan
Koordinator pelaksana, Siti Nurzanah Afiyanti menyerahkan hasil penggalangan dana erupsi Semeru. (foto: Pribadi)

BREBES, gugah.id – Mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi (Umus) Brebes yang tergabung dalam organisasi kampus, menggalang donasi kemanusiaan untuk membantu para korban erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Selain mahasiswa, penggalangan donasi juga menggandeng dari Alumni Umus, yang terbentuk dalam wadah KAMUS (Korps Alumni Muhadi Setiabudi). Penggalangan dilakukan selama tiga hari dari tanggal 6 – 9 Desember 2021.

Inisiatif itu di awali dari Ketua HIMA Manajamen FEB yang menggagas melakukan aksi kemanusiaan, sebagai bentuk kepedulian mahasiswa kepada korban erupsi Semeru di Lumajang.

Koordinator pelaksana, Siti Nurzanah Afiyanti menjelaskan, tujuan penggalangan dana erupsi Semeru oleh Ormawa FEB Umus sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas mahasiswa untuk meringankan beban korban di Lumajang, Jawa Timur.

Ia pun mengajak masyarakat dan juga kaum muda untuk ikut membantu dengan  mnyalurkan donasinya, agar bisa meringankan beban dari duka mendalam untuk para korban terdampak bencana gunung Semeru.

“Kami mengajak kepada seluruh keluarga besar Umus Brebes untuk saling berbagi, dan keputusan yang kita ambil adalah penggalangan dana. Mulai dari kaum muda dan juga masyarakat umum, agar bisa meringankan saudara kita yang terdampak bencana Semeru,” kata Afi.

Afi menambahkan, penggalangan juga dilakukan di kawasan Industri Brebes. Ia mengajak kepada masyarakat luas terutama kaum muda di sektor industri untuk bisa saling berbagi dengan berdonasi.

“Selain dari civitas Umus, kita mengajak masyarakat luas. Alhamdulilah tanpa halangan kita bisa masuk ke beberapa PT di Pantura Brebes dengan mengajak para karyawan agar bisa berbagi untuk meringankan korban Semeru. Terutama kaum muda yang sudah bekerja di sektor Industri Brebes,” tambahnya.

“Kami berharap agar donasi yang disalurkan  bermanfaat dan dapat meringankan beban dari para korban bencana dalam pengungsian. Semoga korban bencana selalu diberi kesehatan, kekuatan serta lekas pulih warga Lumajang.” pungkasnya.

Jumlah donasi yang terkumpul 13.420.000. Untuk penyerahan donasi sendiri diserahkan secara langsung di ACT Tegal dan BM FKAM Brebes, yang dilaksanakan Jumat (10/12/2021) pukul 10.00 WIB. Dengan diserahkan langsung oleh koordinator pelaksanan kepada Kepala Bagian ACT Tegal dan BM FKAM Brebes. (dn)

Leave a Reply