Pembangunan 7 Jembatan di Jalingkut Rampung

Nasional Regional

Gugah.id – Pembangunan 7 Jembatan di Jalingkut Rampung dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) sepanjang 14,9 kilometer (km) dari total 17,4 kilometer itu ada 7 jembatan.

Artinya, progres pembangunan proyek Jalingkut Tegal- Brebes, sudah mencapai 76 persen. Namun target itu sudah melebihi 100 persen di anggaran tahun ini setelah terdampak recofusing anggaran. Selanjutnya, pembangunan jalan itu ditarget selesai total pada April 2021.

Kepala Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Provinsi Jawa Tengah Ruas Jalan Nasional Losari Brebes-Tegal-Pemalang, Toni Juniar Perkasa mengatakan, pengerjaan dikebut untuk memenuhi target bisa difungsionalkan saat Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Saat ini pembangunan 7 jembatan sudah diselesaikan.

“Untuk jembatan sekarang sudah selesai semua. Sekarang tinggal pengaspalan sepanjang 2-3 kilometer. Alhamdulillah sekarang progresnya sudah 76,5 persen. Jalingkut untuk total sepanjangnya 17,4 kilometer dan dikerjakan bertahap,” kata Juniar di lokasi pembangunan jembatan, Rabu (2/12).

Lanjut Juniar, saat ini untuk jalan sepanjang 14,9 kilometer selesai dibangun, dan bertahap masih proses pengaspalan jalan. Untuk bisa difungsionalkan, minimal seluruhnya sudah diaspal satu lapis. Sedangkan saat ini sepanjang 9,2 km sudah selesai diaspal satu lapis dimulai dari barat.

Progres lebih dari target

“Targetnya bisa seluruhnya. Karena bisa difungsionalkan minimal harus sudah diaspal satu lapis,” kata dia.

Jalingkut sendiri menghubungkan Brebes-Tegal untuk memecah arus lalu lintas kendaraan besar di wilayah kota. Jalan itu dibangun mulai dari wilayah Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal hingga Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Awalnya sepanjang 2,5 kilometer selesai dikerjakan 2017.

“Proyek berlanjut sejak awal 2020 dengan mengerjakan sepanjang 14,9 kilometer dengan anggaran Rp 260 miliar. Namun, karena di-refocusing menjadi Rp 114 miliar di tahun 2020, kemudian sisanya Rp. 76 miliar di anggaran tahun 2021. Pengerjaan tetap berlanjut hingga 2021. Dengan target 2020 harus di atas 60 persen agar bisa difungsionalkan,” kata Juniar.

Kementerian PUPR juga tengah membangun tujuh jembatan di sepanjang Jalingkut Brebes-Tegal. Sebanyak lima jembatan di antaranya sebelumnya sudah dibangun dan tinggal proses finishing. Dua jembatan lainnya yakni Jembatan Kaligangsa dan Jembatan sungai Kemiri yang saat ini baru selesai dibangun.

“Begitu alat berat bekerja risikonya cukup tinggi. Bukan kita melarang namun demi keselamatan kita semua, lebih baik warga jangan masuk ke areal proyek. Karena kita menargetkan zero accident (nihil kecelakaann). Pembangunan cepat selesai, dan tidak ada musibah apapun,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply