Pemkab Brebes Gelontorkan Dana Rp 6,8 Miliar Untuk Pelebaran Jalan

Pariwisata Regional

Gugah.id – Pemerintah Kabupaten Brebes menggelontorkan dana mencapai Rp 6,8 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk pelebaran badan jalan menuju calon lokasi Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) dan akses wisata Pantai Randusanga Indah serta menuju Jalan Lingkar Utara (Jalingkut).

“Ya pelebaran badan jalan akses menuju lokasi rencana KPT sepanjang sekitar 800 meter lebih. Dengan lebar 11-13 meter. Sedangkan pelebaran jalan ke arah wisata Pantai Pandusanga Indah selebar 2 meter dan panjang sekitar 2,2 kilometer,” kata Kepala Bidang (Kabid) Binamarga DPU Brebes, Dani Asmoro, Senin (30/11).

Dalam APBD Perubahan tahun 2020 ini, tahap pertama pelebaran jalan adalah pengurukan dengan panjang kurang lebih 800 meter. Pelebaran jalan tersebut perlu dilakukan mengingat KPT segera dibangun. Rencananya Pemkab Brebes akan membangunan KPT pada tahun 2021 mendatang untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan.

Untuk pelebaran badan jalan menuju KPT, Pemkab Brebes mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4,2 milliar. Sedangkan pelebaran ruas jalan yang semula 4 meter menjadi 6 meter menuju wisata Pantai Randusanga Indah dialokasikan Rp 2,6 milliar. Untuk kedua titik itu, Brebes Menggelontorkan Dana Rp 6,8 Miliar.

“Untuk pelebaran ruas jalan akan dilakukan secara bertahap, saat ini kita baru mulai pelaksanaan,” beber dia.

Menurutnya, pelebaran badan jalan dan pelebaran ruas jalan ini dilakukan sebagai upaya Pemkab Brebes dalam meningkatkan infrastruktur yang ada. Apalagi, dua titik ruas jalan tersebut akan digunakan sebagai jalan menuju Jalingkut. Sedangkan Jalingkut sendiri pembangunannya hampir rampung.

“Ke depan pelebaran ruas jalan tidak hanya sampai KPT saja. Tapi, akan diteruskan menuju jalan lingkar Utara (Jalingkut) Brebes-Tegal yang saat ini sedang dalam proses pembangunan,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply