Pemuda di Kota Tegal Bersihkan Sampah di Pelabuhan

Regional
MEMUNGUT – Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi memunguti sampah di pelabuhan bersama para pemuda.

KOTA TEGAL, gugah.id – Puluhan relawan dari berbagai organisasi mahasiswa dan pelajar di Kota Tegal Jawa Tengah menggelar aksi pungut sampah di lingkungan pelabuhan Tegalsari, Kota Tegal, Sabtu (18/9/2021).

Aksi ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dalam rangka memperingati World Cleanup Day atau Hari Bersih Sedunia yang jatuh pada hari ini.

Dalam aksi itu, Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi menghadiri acara tersebut. Menurut Jumadi, kebersihan seharusnya menjadi tanggung jawab bersama, agar lingkungan sehat dan bebas dari wabah penyakit yang ditimbulkan akibat sampah yang menumpuk.

“Untuk menumbuhkan rasa kepedulian tersebut puluhan relawan dari berbagai organisasi mahasiswa dan pelajar mengelar aksi pungut sampah dalam rangka menperingati World Cleanup Day atau Hari Bersih Sedunia,” kata Jumadi.

Dengan mengunakan alat seadanya, aksi bersih-bersih yang diinisiasi oleh para pemuda tersebut dihadiri puluhan relawan. Mereka menyisir setiap sudut pelabuhan untuk memungut sampah. Tak hanya menyisir area lapang, tiap tiap selokan pun tak luput dari aksi bersih bersih para relawan.

swalah seorang mahasiswa, Dafa mengatakan, sampah yang sudah dikumpulkan kemudian diangkut dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang selanjutnya akan dipilah, agar bisa diolah sesuai dengan jenisnya. Harapannya, kegiatan ini menjadi contoh terhadap masyarakat untuk lebih meningkatakan kesadaran dalam menjaga kebersihan.

“Aksi ini sengaja dilaksanakan di lingkungan pelabuhan karena kawasan ini terkesan kumuh akibat masih minimnya kesadaran masyarakat tentang kebersihan. Aktivitas nelayan yang padat serta mengabaikan kebersihan mengakibatakan setiap sudut pelabuhan banyak sampah yang berserakan,” pungkasnya. (ardi)

Leave a Reply