Pemudik masuk jateng rapid test

Pemudik Masuk Jateng, Wajib Rapid Test

Kesehatan Nasional
Pemudik masuk jateng rapid test
Foto: Simpe/Gugah.ID Caption: Salah seorang pemudik melakukan rapid test di rest area tol Pejagan-Pemalang

Brebes, Gugah.id – Satlantas Polres Brebes akan melakukan rapid test kepada para pemudik yang masuk ke Jawa Tengah, Rapid test dilakukan di Rest Area KM 252 Pejagan. Sasaran pemeriksaan adalah para pemudik yang masuk wilayah Jawa Tengah melalui jalur tol, Rabu (23/12/2020).

Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto melalui Kasatlantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah mengatakan, posko ini ditempatkan di rest area KM 252 Pejagan karena merupakan gerbang masuk dari Jawa Barat ke Jawa Tengah.

“Posko sengaja didirikan di Rest Area KM 252 Pejagan karena merupakan pintu masuk ke Jawa Tengah. Sesuai instruksi pimpinan, pemudik yang ke Jateng wajib diperiksa,” katanya saat meninjau posko rapid test.

Pemudik yang melintas terlebih dulu diperiksa surat keterangan sehat Covid-19. Bagi pemudik yang tidak membawa keterangan sehat, langsung diarahkan ke posko untuk diambil sampel swabnya. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dengan metode antigen rapid test.

“Setiap kendaraan yang masuk, kami tanyakan surat keterangan sehat bebas Covid-19. Jika memang bisa menunjukan, mereka langsung melanjutkan perjalanan. Tapi kalau tidak memiliki surat keterangan sehat, petugas akan mengarakan ke posko untuk periksa rapid test,” bebernya.

AKP Putri meneruskan, tidak hanya di KM 252, posko rapid juga akan dibuka di KM 260 Banjaratman. Namun, posko di KM 260 yang berada di Desa Banjaratma ini khusus untuk arus balik dan akan beroperasi pada tanggal 27 Desember.

Pemudik yang diperiksa rapid tidak dipungut biaya alias cuma-cuma. Cukup menunjukan KTP dan dalam waktu 15 menit hasilnya langsung diketahui. Beberapa pemudik yang kedapatan tidak membawa keterangan sehat mengaku tidak mengetahui adanya syarat sehat sebelum masuk Jawa Tengah. (Simpe)

Leave a Reply