Pengumuman, Akses Jalan di Alun-Alun Brebes Ditutup

Nasional

BREBES, gugah.id – Dalam menanggulangi penyebaran virus covid-19, Pemkab Brebes akan menutup akses jalan di Alun-alun Brebes dan juga akan mematikan penerangan atau lampu jalan di area alun-alun. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona di malam pergantian tahun.

Dalam hal ini Alun-alun Brebes menjadi perhatian ekstra. Tempat favorit berkumpulnya masyarakat ini akan ditutup total dan semua jenis kendaraan tidak diperbolehkan masuk kawasan alun alun. Kare setiap malam pergantian tahun masyarakat akan memadati kawasan tersebut.

Bukan hanya masyarakat dari wilayah brebes saja yang berkumpul di tempat ini sambil menghabiskan malam untuk menyambut tahun baru, namun juga masyarakat dari luar daerah. Dikarenakan dampak pandemi COVID-19, perayaan tahun baru ini akan jauh berbeda.

“Kebijakan itu diambil setelah hasil koordinasi dengan Polisi, TNI dan Forkopimda untuk mencegah kerumunan di malam pergantian tahun besok,” kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Reza Prisman, Rabu (30/12/2020).

Kebijakan penutupan jalan itu, kata dia, mulai disosialisasikan kepada masyarakat dan pedagang yang berada di sekitar Alun-alun Brebes. Ia menambahkan, penutupan jalan akan dimulai pukul 16.00 WIB sore.

Bersama tim gabungan TNI dan Polri, kata dia, pihaknya juga akan patroli ke beberapa tempat. Salah satunya di beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten Brebes.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan. Pasalnya, saat ini masih dalam situasi pandemi virus Corona (COVID-19).

“Ya kita menghimbau kepada masyarakat untuk tidak berkerumun saat perayaan tahun baru nanti. Ini untuk mencegah penyebaran COVID-19. Lebih baik di rumah saja berdoa bersama keluarga,”ungkapnya.

Hal senada pun disampaikan Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Nur Cholifa menjelaskan, penutupan tempat tempat keramaian ini sesuai maklumat Kapolri. Tujuanya untuk mencegah penularan corona virus akibat kerumunan saat perayaan malam tahun baru.

“Pada tahun tahun sebelumnya, perayaan tahun baru dipusatkan di alun alun, tapi sesuai maklumat Kapolri, tidak diperbolehkan adanya perayaan tahun baru di tempat keramaian, termasuk alun alun,”. Terang Kasat Lantas Polres Brebes kepada wartawan saat meninjau Pospam Alun-alun Brebes, Rabu 30 Desember 2020 siang.

Lanjut Kasat Lantas, hal ini untuk mencegah masuknya warga, semua pintu yang akan menuju kawasan alun alun akan ditutup. Penutupan ini akan dimulai pada Kamis besok sekitar pukul 16.00 WIB.

Para pedagang kali lima di kawasan ini juga tidak diperbolehkan membuka lapaknya. Kemudian lampu penerangan jalan di alun alun akan dimatikan.

“Pedagang di alun alun akan ditertibkan. Sesuai kesepakatan bersama, Satpol PP dan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan, para pedagang sudah diimbau untuk tidak membuka dagangannya. Lampu lampu jalan di situ akan dimatikan sehingga tidak ada warga yang datang ke alun alun untuk merayakan tahun baru,” Pungkasnya.

Selain alun alun, jalan lingkar utara juga tidak boleh dijadikan tempat berkumpul. Polisi akan melakukan patroli ke lokasi tersebut untuk memastikan tidak ada kerumunan saat malam tahun baru. (*)

Leave a Reply