Peringatan Hari Pahlawan 2022, Kepal Tangan: Semangat Juang Pahlawanku

Nasional
(Dok.istmw) Logo Resmi Hari Pahlawan 10 November 2022.

NASIONAL, gugah.id – Masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tahun pada tanggal 10 November. Peringatan Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan serta pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.

Hari Pahlawan, tidak hanya sekedar diingat dan diperingati secara seremonial. Perjuangan dan pengorbanan luar biasa dari pendahulu negeri pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian dikenal dengan Hari Pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022 mengambil tema “Pahlawanku Teladanku”. Melansir dari laman Kementerian Sosial, Kamis (10/12/2022) Hari Pahlawan Nasional 2022 memiliki logo resmi.

  1. Kepal Tangan
    Kepal tangan, melambangkan semangat
    juang dan perlawanan pahlawan dalam menolak ketidakadilan dan kezaliman para penjajah.
  2. Perisai Pancasila
    Perisai pancasila, kepal tangan berbentuk seperti perisai Pancasila bermakna bahwa pahlawan sebagai anak bangsa rela menumpahkan darahnya demi mempertahankan kemerdekaan dan tanah air dari penjajah.
  3. Simbol Cinta
    Simbol cinta, melambangkan para pahlawan yang rela berkorban karena rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air.
  4. Bambu Runcing
    Bambu runcing, merupakan senjata yang
    digunakan untuk melawan penjajah pada masa kolonialisme.

Senjata bambu runcing menjadi saksi bisu sejarah bahwa para pahlawan bangsa pernah berjuang dan melakukan perlawanan untuk mendapatkan kemerdekaan yang seutuhnya.

Peristiwa besar di Surabaya pada 10 November 1945 merupakan pertempuran antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris. pertempuran pertama Indonesia dengan pasukan penjajah setelah Kemerdekaan.

Kematian Jendral Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak
Indonesia dan berakibat pada keputusan pengganti Mallaby yaitu Mayor Jenderal Eric
Carden Robert Mansergh mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945. Namun ultimatum itu tidak ditaati
oleh rakyat Surabaya, sehingga terjadilah pertempuran Surabaya yang sangat dahsyat.

Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat menjadi korban ketika itu, semangat yang membara tak kenal menyerah membuat kota Surabaya dikenang sebagai kota pahlawan. Kemudian, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. (sof)

Leave a Reply