PT Istaka Karya Bakal Dibubarkan, di Brebes dapat Rejeki Nomplok

Nasional
Pekerja nampak mengerjakan pembangunan KPT Brebes di Desa Pagejugan. (foto: Gugah.id)

PT Istaka Karya Garap Megaproyek KPT Brebes Senilai Rp120 Miliar, Bupati Brebes Idza Priyanti Optimis Bakal Selesai

BREBES, gugah.id – Perusaan pelat merah, PT Istaka Karya (Persero), menjadi salah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bakal dibubarkan, Menteri BUMN Erick Thohir. Ia bakal membubarkan 7 perusahaan BUMN karena dianggap pailit.

Di tengah nasibnya kini, PT Istaka Karya justru mendapat rejeki nomplok di Kabupaten Brebes. Perusahaan pelat merah itu tengah menggarap proyek Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) di Brebes. Nilai proyeknya mencapai Rp 120 miliar.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengaku optimistis BUMN tersebut bisa menyelesaikan pekerjaannya. Pasalnya, Istaka telah bekerja sama dengan perusahaan lain yaitu PT Chimarder 777, dan proyek tersebut juga sudah groundbreaking.

“Ada isu PT Istaka Karya ini mau dibubarkan sama Pak Erick Thohir, sehingga saya langsung rapat. Ini bagaimana. Tapi PT Istaka Karya ini sudah melakukan join usaha dengan PT Chimarder 777 dan ini ada bukti dokumen kerja samanya bahwa dua PT ini telah bergabung,” kata Idza saat acara groundbreaking pembangunan KPT Brebes, Senin (27/9/2021).

Idza melanjutkan, jika PT Istaka Karya dibubarkan maka akan diteruskan langsung PT Chimarder 777 karena keduanya sudah menjalin kerjasana dalam pembangunan KPT Brebes.

Selain itu, pihaknya telah menanyakan terkait kemampuan keuangan dari PT Chimarder 777. Hasilnya, sesuai dokumen lelang asetnya, dari modal yang ada, mencapai Rp 29 miliar. Dalam jaminan lelang untuk pekerjaan Gedung KPT, di rekening banknya Rp 14 miliar untuk PT Chimarder, dan 11 miliar untuk PT Istaka Karya, sehingga totalnya ada Rp 25 miliar.

Gedung KPT Brebes yang akan dibangun berlokasi di Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes. KPT dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 5 hektare. Pembangunan mega proyek itu, dilaksanakan PT Istaka Karya Persero, selaku pemenang tender.

“Pembangunan ini untuk kegiatan pemerintahan di Brebes. Karena bangunan yang lama sudah tidak layak. Semoga nantinya akan bermanfaat bagi warga masyarakat,” kata Idza.

Kepada pemenang tender, Idza menekankan agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat mutu dan tepat waktu. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari pembangunan KPT.

Terkait isu akan dibubarkannya PT Istaka Karya (Persero) oleh Menteri BUMN Erick Tohir, Direktur Operasional PT Istaka Karya Widi Sudaryanto membantah isu tersebut. Pihaknya tetap berkomitmen menyelesaikan pekerjaan yang diamanatkan Pemkab Brebes.

“Kontrak telah ditandatangani, tentu kami akan menyelesaikan sampai tuntas sesuai dengan mutu dan waktu. Soal kabar-kabar itu tidak akan mengganggu proses pembangunan KPT Brebes. Kami bekerja sesuai amanat yang diberikan Pemkab Brebes,” tandasnya.

Sesuai dokumen perencanaan, gedung KPT akan dibangun untuk Kantor Bupati, Wakil Bupati, Sekretariat Daerah, Kantor Baperlitbangda, Kantor Inspektorat Kabupaten Brebes, ruang auditorium atau ruang serbaguna dan roof garden (taman di atas atap gedung). Untuk gedung ada 2 bagian. Bagian depan 3 lantai dan bagian belakang 6 lantai.

Sebelumnya di atas lahan ini dibangun gedung KPT tahap pertama tahun 2008, yang kini mangkrak karena tersandung kasus korupsi. (dn)

Leave a Reply