Puluhan Kasus DBD di Kabupaten Brebes Dilaporkan Ada Yang Meninggal, Meski Ada Penurunan

Kesehatan
(Dok.istmw) Gambar Ilustrasi

BREBES, gugah.idDinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes mencatat puluhan kasus Masyarakat yang terjangkit Demam Berdarah Dengue, data ini dari Januari hingga April dan jumlah total ada 35 kasus warga yang terjangkit DBD.

“Data di kami sedikitnya ada 35 kasus warga yang terjangkit DBD, ini untuk periode Januari sampai April. Dan satu balita di kecamatan Brebes meninggal dunia,” ungkap Imam Budi Santoso, Kabid pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Brebes. Selasa (18/5/2021).

Imam menambahkan, dibanding tahun lalu di periode yang sama jumlah kasus tersebut mengalami penurunan. Meskipun ada puluhan warga di Kabupaten Brebes yang terjangkit Demam Berdarah, Termasuk jumlah pasien yang dilaporkan meninggal. Pada tahun 2020 periode Januari sampai April, sebanyak 155 kasus warga yang terjangkit DBD dan meninggal dunia tercacat dan 5 orang. Sementara di periode yang sama untuk tahun 2021 ada 35 kasus DBD dan satu orang meninggal usia balita.

“Dibanding tahun lalu sangatlah jelas jumlahnya mengalami penurunan, penurunan yang sangat drastis. Termasuk warga yang dilaporkan meninggal akibat DBD juga menurun jumlahnya,” tambah Imam.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan jumlah penderita DBD di Kabupaten Brebes mengalami Penurunan. Salah satu faktor utamanya adalah kesadaran Masyarakat akan menjaga kebersihan lingkungan yang semakin meningkat. Selain itu juga kesadaran masyarakat ketika menemukan gejala DBD dengan cepat melapor ke petugas, sehingga bisa segera ditangani.

“Kita mengapresiasi kepada masyarakat, kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan selalu meningkat, apalagi sekarang masih pandemi yang mengharuskan masyarakat tetap mematuhi protokoler kesehatan (prokes) agar kebersihan lingkungan tetap terjaga,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply