Ratusan Warga Binaan Lapas Brebes Divaksin Covid-19

Kesehatan
VAKSINASI – Warga binaan atau narapidana Lapas Kelas IIB Brebes mengikuti vaksinasi dosis pertama.

BREBES, gugah.id – Sedikitnya ada 186 warga binaan atau narapidana di Lapas Kelas IIB Brebes menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Mereka yang mendapatkan jatah vaksin adalah warga binaan yang beralamat Brebes sesuai Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sedangkan jumlah total warga binaan mencapai 267 orang.

Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan mengatakan dari jumlah total narapidana, artinya hampir 70 persen narapidana divaksin. Vaksinasi itu dilaksanakan di aula Lapas Kelas IIB Brebes, atas kerjasama antara Lapas Brebes, Kodim 0713 Brebes dan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.

Isnawan menerangkan, sebagai tindak lanjut dari instruksi Menteri Hukum dan HAM, pihaknya melaksanakan vaksinasi bagi para warga binaan. Tujuannya, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas dan membentuk Herd Imunity, serta mendukung agar Indonesia bebas Covid-19.

“Sasarannya ada sebanyak 186 orang warga binaan yang divaksinasi hari ini. Kegiatan ini berkat kerjasama dengan Kodim 0713 Brebes dan Dinas Kesehatan Brebes,” ujarnya.

Menurut dia, total warga binaan yang ada di Lapas Brebes sebenarnya ada sebanyak 267 orang. Namun dari jumlah itu yang bisa divaksin sesuai kepemilikan NIK Brebes hanya 186 orang.

Hal itu karena terkait aturan dari pusat dan data. Kendati demikian, pihaknya berharap, bagi yang tidak memiliki NIK Brebes tetap mendapatkan vaksin.

“Terkait kendala ini, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, dan ini sedang diupayakan agar warga binaan yang tidak memiliki NIK Brebes tetap divaksin,” terangnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Rudi Pangarsani Utami mengatakan, terkait kendala tersebut, pihaknya dalam waktu dekat akan mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan. Kendala itu sebenarnya tidak hanya terjadi di Lapas, tetapi juga pada yang lain.

“Ketentuan NIK itu diterapkan terkait laporan jumlah orang yang divaksin aplikasi dari pusat. Kami akan segera sampaikan kendala di lapangan ini ke kementerian,” tandasnya.

Kapten Suryadi Kasi Ops Dandim 0713 Brebes mengatakan, kegiatan vaksinasi ini adalah bentuk pelaksanaan perintah dari Pangdam Diponegoro melalui Kodim 0713 untuk vaksinasi kepada warga Brebes termasuk warga binaan di Lapas Brebes dalam upaya mencegah penularan Virus Covid -19.

“Ini untuk meningkatakan imunitas warga binaan, Karena lapas merupakan salah satu tempat yang cukup rentan menjadi klaster penyebaran covid-19. Dengan dilaksanakannya kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi warga binaan pemasyarakatan ini diharapkan seluruh warga binaan mendapat haknya yaitu hak mendapatkan kesehatan,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply